Apa ya…… Tabir Mimpi ada sesuatu yang bergerak-gerak di dalam tubuh… ??? ^_*

Apa kabar Ustadz Abi, apa kabar Ali Zainal, waaaah lama sekaliiiiii… tidak mencermati mimpi-mimpi yang ada,😀😀😀 ternyata masih seru juga Program acara Assalamu’alaikum Ustadz-nya RCTI, kali ini aku mencoba memperlebar kupingku😀😀😀 edisi tayang tanggal 8 November 2011, ternyata ada adzan Subuh disela acara, kali ini. Tema Tabir mimpi ini memang seru untuk dicermati. Yuuuk.. check it out😉

Ali says:
Ada sedikit cuplikan dimana mimpi, bisa engga c diprogram, tiba-tiba ada wangi-wangi-an segala macem, menurut Abi seperti apa?

Jawaban ustadz Abi:
Bismilahirrohmanirrohim, mungkin bukan hanya di program, kalau program itu seolah-olah sesuatu hal yang, Masya Allah, seolah-olah terjadi. Ya, tapi kalau hanya berdoa kepada Allah untuk memimpikan dengan seseorang dimimpikan dengan orang yang kita sayangi, orang yang kita cintai, orang yang kita panuti, yakni adalah Rasulul Sholallohu ‘alaihi wassalam contohnya, atau para khulafaurrosidin misalnya, atau ulama-ulama besar misalnya, ataupun orang tua yang sudah wafat, ataupun orang tua yang jauh disana, lalu kita memohon kepada Allah Subhanahuwata’ala berjumpa di dalam mimpi, insyaAllah silakan.

Tapi kalau misalnya Abi yang kelihatan di mimpi itu nanti wangi. Ya tidak bisa, karena ini alam dunia, sedangkan ini alam mimpi. Ini tidak sama. Maka dengan menyatakan kalaupun itu diprogram, ya tidak ada kata-kata, dalam Islam mengatakan, program, tapi yang ada adalah doa kepada Allah agar mimpi dengan sesuatu yang kita harapkan. Wallohualam.

Pertanyaan via email:
Beberapa pendapat yang mengatakan bahwa Isra’ dan Mi’raj nabiullah Muhammad Sholallohu ‘alaihi wassalam adalah perjalanan mimpi, apakah benar demikian?

Jawaban Ustadz Abi:
Bismilahirrohmanirrohim. Ini tanpa mengurangi rasa hormat kepada siapa pun yang mungkin jawaban daripada yang apa saya sampaikan agak berbeda, namun jawaban yang kami sampaikan ini yang melalui dari kaum ulama Sholahussholeh, jumhur ulama,

Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam: Isra’ Mi’raj ini adalah ruh dan jasad yang dilakukan Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam,

Tidak ruhnya saja. Kalau ruhnya saja, kalau hanya bermimpi berarti tidak mungkin ada orang yang tidak percaya terhadap perjalanannya. Ketika Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam selesai daripada Isra’ Mi’raj, Lalu Rasulullah menyampaikan kepada orang-orang Quraisy tentang apa yang terjadi pada malam hari itu, banyak orang Quraisy yang tidak percaya terhadap perkataan Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam.

Karena Rasulullah mengatakan, ini bukan mimpi.

Tapi kalau seandainya Rasulullah mengatakan, tadi malam saya mimpi ke Masjidil Aqsa, truz ke Sidratul Muntaha, truz balik lagi Subuh bersama anda semuanya.

Kalau mimpi, ya percaya.

Kalaupun seandainya saya pun, mengatakan saya tadi malam saya mimpi sholat di Masjidil Haram, truz saya ke Masjidil Aqsa, truz saya ke Masjid Nabawi, setelah itu saya Subuh bersama anda. Saya tadi malam ke Masjidil Aqsa, ke Masjidil Haram, sekarang Subuh sudah disini lagi.

Kalau saya mengatakan, mimpi. Ibu percaya engga sama saya?

Percaya… Orang cuma mimpi.😀😀😀

Kalau saya bilang, engga mimpi. Bilangnya apa?

Wah sudah geol:D😀😀😀.

Subhanalloh. Kenapa banyak orang yang tidak percaya pada mu’ji’zat ini?
Karena Rasulullah tidak mengatakan, ini mimpi. Tapi Rasulullah mengatakan bahwa, ini ruh dan jasad. Maka kalimat yang jelas dalam Al Qur’an,
Jadi,

”… dengan hamba Allah yakni dengan ruh dan jasad.”

Subhanalloh, maknanya, tidak mengatakan “..subhanalladzii asra ‘bir ruhihi’… “– dengan ruh-nya, tapi “.. bi’abdihi..” — karena ruh dan jasad.

Ini harus dipahami. Secara singkat bahwa untuk mengatakan bahwa jelas Shoalafussholeh mengatakan ruh dan jasad, kalau hanya dengan ruhnya saja, secara tidak langsung ini mengotori makna dari pada Isra’ Mi’raj.

Pertanyaan dari Ibu Lina:
Saya mimpi dikasih bayi sama tetangga saya, tapi bayinya di ambil lagi. Apa arti mimpi saya, ustadz?

Jawaban Ustadz Abi:
Wallohualam, dengan menyatakan kalau mimpi seperti itu bunda, atau mimpi yang disampaikan, mimpi dikasih bayi, tiba-tiba bayi itu diambil lagi, apa maknanya? Wallohualam. Ini merupakan suatu isyarat ketika dengan menyatakan dikasih bayi lalu ditarik lagi. Wallohualam, ini dengan menyatakan kenyataan yang ada,

ibu telah dimaafkan oleh seseorang yang pernah ibu sakiti hatinya. Jadi ibu itu pernah minta maaf sama seseorang dan orang itu telah memaafkan ibu. Alhamdulillah. Suatu makna yang sangat baik.

Pertanyaan by phone dari Wawan dari Surabaya:
Umur saya 24 tahun ustadz, sudah berkeluarga selama 2 tahun, memiliki putra berumur 8 bulan, dan sekarang istri saya sedang hamil lagi 4 bulan. Yang saya mau tanya ustadz, belakangan ini istri saya cerita, dia itu mimpi melahirkan anak yang cacat, pak ustadz, tapi maaf pak ustadz, saya jadi sedih dan takut, pak ustadz. Jadi menurut pak ustadz bagaimana, apakah arti mimpi istri saya tersebut?

Jawaban Ustadz Abi:
Bismillahirrohmanirrohim. Inilah salah satu dari pada perbuatan setan untuk mengganggu orang-orang tua yang sedang hamil dengan ditakut-takuti dengan lahir anaknya dalam keadaan tidak sempurna, ataupun dalam keadaan cacat, naudzubillahimindzalik, ini adalah godaan setan.

Dan pada dasarnya, insyaAllah tidak akan terjadi hal seperti itu, karena ini merupakan mimpi buruk yang datang dari setan.

Cepatlah dengan mengatakan ‘Audzubillahiminasyaitohirrojiim meludah ke sebelah kiri 3x dengan isyarat. Minta kepada Allah dengan berdoa, dijauhkan dari mimpi ini.

Justru insyaAllah maknanya akan mendapatkan anak yang baik, anak yang pandai berbicara, dan sempurna secara tubuh lahiriah dan jasmaniah. Subhanalloh, dan InsyaAllah dia menjadi anak yang sholeh ataupun sholehah.

Jadi ini merupakan godaan setan agar membuat manusia sedih ataupun menanamkan kepada manusia agar ada suatu beban dalam perasaannya. Itulah cara-cara setan bagaimana membuat manusia sedih.

Karena begini, setan ini tidak akan pernah membiarkan hati manusia tenang walaupun ada kesempatan selobang jarum, ada kesempatan selobang jarum, akan berusaha untuk masuk ke situ, akan berusaha masuk dengan cara apa pun, dengan taktik dia, dengan teori dia, dengan rumus dia, itulah kerjaan setan. Naudzubillahimindzalik.

Pertanyaan via email:
Saya bermimpi gambaran hari kiamat, diawali dengan bunyi sangkakala yang sangat kencang sekali, seperti bunyi klakson kapal laut yang besar, setelah itu semua orang terdiam, tidak ada yang bicara, dan berjalan satu tujuan. Tapi saya tidak tahu kemana tujuannya, tapi dalam mimpi itu saya berdiri, diam, dan hanya bisa melihat. Terus terang sampai saat ini saya ingin tahu sesungguhnya artinya apa ya ustadz?

Jawaban Ustadz Abi:
Bismillahirrohmanirrohim, ini merupakan sesuatu hal yang tidak mustahil ketika melihat gambaran kiamat ketika di alam mimpi, sangat tidak mustahil, karena apa? Karena memungkinkan orang yang mimpi itu bisa saja datang ke masa yang akan datang, bisa melihat gambaran yang ada, ataupun melihat sesuatu yang sudah berlalu.

Banyak diantara kita, diantara sahabat, diantara keluarga, majelis taklim dengan mengatakan, pertanyaannya, mimpinya saya ini dirumah kakek saya yang sewaktu saya masih kecil, yang mana rumah itu sekarang sudah tidak ada. Tapi dia membayangkan rumah di zaman kakeknya masih ada, di rumah kampungnya. Kenapa? Karena mimpi di masa yang sudah berlalu dia dapatkan, mungkin, jadi tidak ada batasan-batasan mimpi, harus kemana, harus dimana, tidak ada. Dengan mengatakan:

“Terserah Allah, mau di bawa kemana.”

Namun dengan mengatakan mimpi seperti itu, ini merupakan suatu hal yang mengatakan,

jangan lalai ketika memanfaatkan waktu yang ada.

Dengan menyatakan makna yang sesungguhnya, ketika melihat seperti sangkakala ditiupkan, seperti halnya kiamat terjadi, merupakan sebuah tanda dengan mengatakan Allah Subhanahuwata’ala:

“Sudah dekat kiamat ini, tetapi mereka sangat lalai, semakin kiamat ini dekat, justru manusia banyak semakin lalai.”

Kenyataan ghoflah, kalau orang lalai, jangankan untuk masalah kiamat, naik mobil, kalau dia lalai, apa yang akan terjadi? Tabrakan. Apalagi untuk hidup di muka bumi ini, kalau kita lalai, naudzubillah, bisa jadi tidak akan mendapatkan ridho Allah.

Maka ini merupakan peringatan bagi kita jangan lalai di dalam kehidupannya dalam memanfaatkan waktu yang Allah berikan kepadanya. ,

Rasulullah pernah ditanya, “.. nikmat apa yang paling dilupakan oleh manusia, ya Rasulullah?”
Rasulullah menjawab, “Nikmat sehat dan waktu.”

Cerita dari sahabat yang ingin berbagi tentang mimpinya: dari Farah:
Saya pernah bermimpi, seperti nyata, kaki saya kalau bangun tidur kayak lumpuh, tapi kalau udah bangun tidur itu kayak engga terasa apa-apa, beraktivitas biasa. Itu kalau menurut ustadz apa artinya mimpi saya itu?

Jawaban Ustadz Abi:
Bismillahirrohmanirrohim. Agar memperhatikan ketika, karena wanita yang bermimpi, waktunya ketika menstruasinya, jadi tidak lalai di dalam melaksanakan sholatnya. Pelajarilah saat-saat kapan tidak sholat dan bagaimana ketika masalah dalam fiqih wanita.

Jadi jangan sampai lalai sholat, karena kurang memahami fiqih wanita. Kapan bila baru mulai kuning, setelah biasa coklat, setelah itu merah, apakah sudah waktunya sholat atau tidak. Pelajari masalah itu, karena ini merupakan bagian yang mengakibatkan dalam mimpinya seperti itu. Wallohualam.

Pertanyaan dari Ibu Sumarni:
Saya mau menanyakan, bahwa saya itu mimpi di tanah lapang, truz tiba-tiba lapangan itu terbelah, truz keluar air, sampai saya lari lagi, begitu-begitu terus, sampai aliran airnya berhenti. Sekian, apa maknanya pak ustadz?

Jawaban ustadz Abi:
Wallohualam. Mudah-mudahan ini mimpi menjadi suatu kenyataan yang sangat baik. InsyaAllah memiliki keturunan yang sholeh yang berilmu.

Pertanyaan by phone dari Padang:
Begini ustadz saya pernah bermimpi mendapatkan cincin dari seorang kakek, saya seperti melakukan sholat ketika tiba-tiba beliau memasukkan cincin ke jari manis, dan cincin itu menghilang menyatu dengan jari saya dan saya ucapkan terima kasih, lalu saya bertanya, “memangnya saya ini kenapa kek?” Tetapi pertanyaan itu tidak dijawab, karena beliau menghilang begitu saja. Apa arti mimpi ini ustadz ya, mohon penjelasannya, ustadz?

Jawaban ustadz Abi:
Wallohualam. Namun yang jelas ketika seorang laki-laki memberikan cincin di jari manisnya, karena tidak dijelaskan bahannya apa, segala macem. Ya, sudahlah, kita coba sampaikan, karena waktu juga yang sangat sempit. Dengan menyebutkan bahwa mendapatkan cincin yang ada dari seseorang lalu dipasangnya. Wallohualam.

Kalau dia belum menikah, insyaAllah akan menikah,

kalau dia sudah memiliki istri insyaAllah istrinya semakin sholehah.

Ini yang pertama. Lalu yang kedua,

insyaAllah, dengan mengatakan dengan ada cincin di jari manisnya , wallohualam , sudah mengikuti suatu perjalanan Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassalam, atau telah mengikuti sunnah rasulullah yang benar

Ali says:.
Jadi disini memang dibutuhkan data-data yang lengkap, karena semakin banyak data-data yang masuk, akan lebih memudahkan dalam penafsiran mimpi, detail, segala macem. Tapi dengan keterbatasan data pun kita akan coba untuk mengartikannya.

Kesimpulan Ali
Kadang-kadang banyak sekali mimpi-mimpi yang masuk melalui email, itu yang segala sesuatunya masuk ke dalam tubuh. Contohnya, saya mimpi di dalam tubuh saya ada yang bergerak-gerak, saya mimpi di dalam tubuh saya ada yang menonjol-nonjol, saya mimpi di dalam tubuh saya…., saya mimpi di dalam tubuh saya…. Ada banyak hal, mungkin Abi bisa secara global, kesimpulan apa c, hal-hal yang diketahui masuk ke dalam tubuh kita.

Ustadz Abi says:
Wallohualam. Bisa jadi dengan mengatakan seperti itu, memang benar, bisa jadi dengan menyatakan memang benar, ada yang menyatakan saya mimpi di dalam tubuh saya seperti ada uler muter segala macem, saya menyampaikan kepada pemirsa segala macamnya, wallohualam.

Banyak sekali makna, bisa jadi harta yang haram masuk ke dalam, bisa jadi harta yang haram masuk ke dalam, bisa jadi yang namanya ainun jin masuk ke dalam, bisa jadi ada suatu keinginan, maaf, ada sesuatu hal yang boleh dikatakan, tidak mau memaafkan orang lain, kesalahan orang lain, ataupun gengsi tidak minta maaf sama orang lain, seperti itu.

Atau, punten, ada lagi, para ulama mengatakan

ketika ada gerak-gerak segala macem, naudzubillah, ini dengan mengatakan hal-hal yang sebaiknya kita ketahui, kalau ada orang mimpi dengan di tubuhnya ada ini, ada gerakan segala macem, ada gerakan yang ada. Wallohualam. Dengan menyatakan sabar dalam menghadapi anak-anak. Yang mungkin anak kita susah diarahkan. Wallohualam.

Namun ini tidak mesti artinya seperti itu, tetep harus dilihat dan dilihat dan harus diketahui mimpinya.

Thanks to: Program Acara Assalamu’alaikum Ustadz RCTI, Tema Tabir Mimpi, tayang 8 November 2011, Narasumber Ustadz Abi Makki, Host Ali Zainal.