…para malaikat akan mendoakan orang yang tertidur dalam keaadan bersih, tidak memiliki hadast besar, tidak berhadast kecil … ^_*

Wah, ternyata kalau mau minta penabiran mimpi kita lebih akurat, lebih baik disampaikan sendiri, jangan dititip-titipin, ini bisa diketahui di acara Assalamu’alaikum Ustadz, tema Tabir Mimpi tayang Selasa, 20 September 2011, seperti biasa kalau Tabir Mimpi pasti jagonya Ustadz Abi Makki dan host Ali Zainal.

Ali says:

Alhamdulillah Abi, udah ada gambaran, Abi ya, ini banyak orang, banyak sekali yang mengalami hal ini, tiba-tiba pas bangun, ada perubahan dari sang istri, atau pas bangun ada perubahan dari si suami, gara-gara mimpi. Apakah itu suaminya nikah lagi dalam mimpi, atau kebalikannya si istri tiba-tiba mimpi, misalnya ada menyeleweng kah atau apa kah, nah ini mungkin Abi bisa menyikapi hal ini. Silakan.

Ustadz Abi says:

Setan ini paling banyak mengganggu dalam mimpi manusia itu adalah menjadikan suami istri berkelahi. Bagaimana caranya agar istri marah terhadap suaminya, bagaimana agar suami marah kepada istri, caranya melihat suaminya diperlihatkan dalam mimpinya istrinya suaminya nyeleweng lah, diperlihatkan dalam mimpinya istrinya nyeleweng lah, itu adalah merupakan suatu kalimat yang sering dikatakan oleh para muabir, pastikan itu adalah yang datangnya dari setan. Yang datang dari setan, hakekatnya apabila ibu atau pemirsa melihat pasangan bunda, pasangan ayahanda, bercengkrama atau ngobrol dengan mesra dengan laki-laki lain atau dengan pasangan lainnya, pastikan kalau

hakekatnya ini datang dari syetan,

dan yang kedua maknanya justru hubungan keluarga dalam keadaan harmonis.

Pertanyaan via email yang dibacakan Ali Zainal:

Sekarang ada pertanyaan apakah hubungan antara wudhu dengan mimpi yang baik karena itu 2 hal yang berbeda. Wudhu adalah perbuatan yang nyata sedangkan mimpi adalah alam ghaib. Ada engga hubungannya Abi?

Ustadz Abi Makki says:

Subhanalloh sangat, sangat erat, banyak sekali hubungannya. Karena apa? Bismillahirrohmanirrohim, satu hal yang perlu diketahui, bahwa disunnahkan orang tidur itu dalam keadaan tidak berhadast besar, tidak berhadast kecil, benar. Karena apa? Karena dalam satu hadist Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam.

Apabila orang ini tertidur dalam keadaan bersih, tidak memiliki hadast besar, lalu tidak berhadast kecil, maka begitu dia tidur,

dalam hadist Rasulullah dikatakan dengan jelas sekali

Allah mengumpulkan para malaikat di atas kepala orang yang sedang tertidur tadi.

Ketika orang itu tidur tanpa memiliki hadast besar dan hadast kecil, lalu apa yang dilakukan oleh para malaikat?

Malaikat yang banyak itu berada di atas kepala orang yang sedang tertidur tanpa memiliki hadast besar dan hadast kecil, malaikat itu berdoa kepada Allah

Ya Allah ampuni hamba-Mu ini dari berbagai macam dosa.

kenapa dia, ya malaikat, engkau minta ampunkan untuknya?

Karena dia tidur dalam keadaan suci.

MasyaAllah.

Makanya apa hubungannya, Subhanalloh

Apabila dia mimpi dalam keadaan bersih, maka insyaAllah, maka mimpinya adalah mimpi baik.

Ali Zainal says:

Yuk, kita mulai sekarang biasakan sebelum tidur berwudhu dulu. Mau engga di doain malaikat buk? InsyaAllah di kobul kalau malaikat yang minta. Amin Ya Robbal Alamin.

Pertanyaan dari Bunda Miranda Selina:

Saya mau menanyakan tentang mimpi saya, saya pernah bermimpi, tapi afwan ustadz, dalam mimpi saya tidak berpakaian, kemudian pada saat itu orang disekitar saya memandangi saya semua, tetapi dalam mimpi itu saya malu sekali. Kemudian itu jadi buah pikiran saya, beban pikiran, saya saya takut apa akibat dari mimpi itu, takutnya ada pengaruh buruk ke kehidupan saya. Mohon penjelasan dari ustadz. Terima kasih.

Ustadz Abi says:

Jelas sekali mimpi yang sangat baik ini ada 2 nasehat, saya dengan menyatakan bahwa, mungkin bunda banyak dicurhati oleh teman, banyak dicurhati oleh sahabat, dijadikan tumpuan tempat curhat, maka pegang curhatan mereka ini, simpan baik-baik. Jika ada yang bertanya,

“eh si fulan curhat apa ke kamu?”

“engga, biasa aja.”

Jadi istilahnya menjaga rahasia, itu makna yang ada.

Mungkin banyak minta ini, ada permasalahan dengan suami, ada masalah dengan anak, ada masalah apa,

dengarkan, setelah itu simpan rapat-rapat.

Karena apa? Kadang-kadang kita hidup harus ada perlu orang yang mendengarkan curhatannya, dengarkan masalah kita kan?

Tapi masalahnya kalau masalah kita, disampaikan masalah itu ke orang lain. Makanya siapa pun yang mendapatkan curhatan dari orang lain, pegang baik-baik.

Saya mempunyai memberikan saran,

kalau ada curahatan yang paling baik adalah curhat kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Engga bakalan ngebocorin curhatan kita.

Engga perlu bilang, “Ya Allah jangan bilang-bilang ya…”😀😀😀

Curhatan kepada Allah itu yang paling baik. Wallohualam.

Pertanyaan by phone dari Novi, Serang:

Begini pak Ustadz, beberapa hari yang lalu saya mimpi aneh ustadz, mimpi muntah isinya gumpalan darah. Saya udah muntah, pasti rasanya c lega, tapi di kehidupan sebenarnya, sebelum saya mimpi seperti itu saya memang mengalami kegundahan hati, nyesek banget ustadz, tapi saya engga bisa cerita saya ustadz dalam acara ini, malu. Ada hubungannya engga ya ustadz, mimpi saya dengan masalah yang sedang saya hadapi sekarang. Terima kasih sebelumnya.

Ustadz Abi says:

Suatu saran daripada mimpi yang disampaikan, insyaAllah merupakan suatu nasehat, tak perlu sungkan atau apa, cepet akui dari kekeliruan ibu, lalu sampaikan kepada orang yang pernah disakiti oleh ibu ini. Ibu minta maaf kepada orang tersebut. InsyaAllah ketika ibu sudah meminta maaf kepada orang tersebut maka gundah itu akan keluar. Jadi kenapa? Mungkin selama ini ada gengsi, saya kan lebih tua dari dia, saya kan lebih terhormat daripada dia.

Secepatnya ibu datang kepada orang yang telah disakiti oleh bunda tadi, lalu minta maaf kepada dirinya, tak perlu malu, silakan, lalu bertanggung jawab dengan yang telah ibu lakukan.

Walaupun niat ibu awal-awalnya tidak melakukan suatu kekeliruan, namun setelah apa yang terjadi cepatlah ibu untuk memohon maaf kepada orang yang bersangkutan yang telah ibu lukai perasaannya.

Ali says: itu sudah cukup jelas dan insyaAllah kalau kita sudah melakukan ini insyaAllah akan beres, plong hatinya. Amin. Amin.

Pertanyaan via email dari dian_diana@x.x yang dibacakan Ali Zainal:

Saya pernah mimpi melihat 2 buah gelas dihadapan saya, yang satu isinya susu coklat dan yang satu lagi isinya air putih. Lalu saya mendengar ada suara seseorang yang bilang begini, “Saya berikan kamu indera keenam.” Begitulah mimpi saya. Apa artinya ya ustadz.

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Pilihan yang ada di depan anda dua-duanya baik. Pilihan anda, pilih, apakah itu masalah pekerjaan atau itu masalah mau pindah rumah atau kah masalah itu pindah kantor, segala macam. Dua-duanya pilihan yang baik. Namun saya anjurkan dengan mengatakan untuk melihat  yang lebih memungkinkan anda dekat kepada Allah Subhanahu wata’ala.

Misalnya memilih ini baik, ini baik, tapi tolong prioritaskan, “ah saya mau ke tempat yang mana lebih bisa mendekatkan diri kepada Allah.” Lihat, tempatnya lebih baik.

Maknanya ketika indera keenam, wallohualam, ini lebih dari yang sesuai, fitroh yang ada.

Kalau kita mengetahui ada panca indera, 5 indera ya, sesungguhnya kita semuanya ada indera yang ke 6.

Coba, kalau saya mau bertanya sama bunda, sama pemirsa, pernah engga, kita lagi duduk, tiba-tiba mata ini ingin melihat ke suatu tempat, ingin melihat ke orang itu, begitu kita melihat ke orang itu ternyata orang itu melihat kita, pernah engga seperti itu?

Itu adalah indera, kalau yang merasakan kan yang tahu 5 indera itu untuk merasakan halus apa kasar, iya kan. Sekarang kalau misalnya meja ini saya angkat, terasa berat kan. Ada engga diantara ke 5 indera itu merasakan berat atau ringan? Tidak juga kan?

Subhanalloh, dengan para ulama dalam menyatakan, kalau ada yang mengatakan

“5 indera”, itu ada yang kurang.

Makanya yang paling kuat adalah fitroh, kelebihan yang ada. Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam mengatakan

Mintalah terhadap dirimu sendiri yaitu kepada fitrohmu, kepada hati nuranimu, karena hati nurani tidak akan keliru buat kamu.

Makanya dengan memilih antara air putih ini baik dan susu coklat juga ini adalah baik. Karena apa, karena suatu kebaikan, insyaAllah, tolong perhatikan mana yang lebih baik diantara yang ibu atau kita perhatikan dalam diri kita, dua-duanya baik, Bismillah, pergunakan istikhoroh dan minta kepada Allah untuk memilih yang baik. Wallohualam.

Pertanyaan dari Ibu Tyo

Saya mau tanya. Saya pernah bermimpi , saya lagi berjalan berdua teman, teruz melewati sebuah parit, parit itu biasa kalau ada parit kita loncat, nah saya berhasil meloncati parit tersebut, tapi teman yang tadi tiba-tiba kok dia tenggelam, parit itu berubah menjadi sungai yang besar, dan dia tenggelam dan hanyut. Nah, itu artinya apa ya ustadz. Terima kasih.

Ali says: Ini memang mimpi kadang-kadang seperti ini ya, kecil, begitu kita lewati, tau-tahu jadi gedhe, tahu-tahu jadi hanyut temennya yang ada di parit.

Ustadz Abi says:

Ibu tolong pegang, jadi ini merupakan suatu nasehat, Bismillahirrohmanirrohim.

Temen ibu yang itu tolong dinasehati dengan baik agar bisa melaksanakan sholat pada tepat waktu. On time. Atau pun awalnya tidak sholat.

Jadi dengan menyatakan, ow itu ya dia maknanya. Jadi temen itu maka, ajaklah lebih dekat lagi untuk lebih mengatur waktu sholat. Sholat Dhuhur ini yuk. Sholat Ashar yuk.

Kenapa. Mungkin ada yang dikatakan bahwa dia meremehkan dalam masalah sholat. Wallohuaam.

Pertanyaan dari Bunda Indah:

Saya mau menanyakan mimpi saya. Saya mimpi bertemu presiden, setelah berjabat tangan, beliau mengajak makan bersama dalam satu meja, setelah itu beliau mengajak sholat berjamaah, dimana saya menjadi makmumnya. Kira-kira apa ya itu mimpi artinya. Terima kasih Ustadz.

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Mimpinya sudah didengar semuanya, insyaAllah maknanya baik.

Pertama, apabila dalam keadaan sakit, ibu akan sehat.

Apabila ada sesuatu yang ingin dihajatkan Allah akan kabulkan doanya. Amin.

Dua makna yang sangat baik. Kesehatan yang ada, selanjutnya pengabulan doa yang dihajatkan. Amin Ya Robbal Alamin.

Dari yang bisa kita hubungi lagi, Deny dari Tangerang.

Begini loh ustadz, saya itu pernah mimpi, waktu mimpi itu saya berjalan-jalan, eh tiba-tiba saya ketemu seorang wanita, tetapi wanita itu melihat makhluk yang mulutnya menyemburkan api. Kemudian saya tanya ke dia, “kamu sedang lihat apa?” Truz dia jawab, dia melihat makhluk yang berubah-ubah bentuknya pak. Truz saya lihat dan bilang, itu adalah setan. Truz dalam hati, saya mengucapkan kalimat Laa illahaillalloh. Eh, makhluk itu kaget menatap saya. Saya ucapin Laaillahaillalloh. Kemudian saya baca ayat kursi. Eh makhluk itu lari dan meraung-raung, makhluk itu jin atau setan? Ustadz apa c arti mimpi itu? Terima kasih.

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Mimpi ini merupakan satu isyarat yang ada ataupun merupakan suatu peringatan, wallohu alam, namun bapak ini yang akan tahu makna yang ada. Saya hanya ingin mengatakan sebuah nasehat daripada mimpi yang ada, kalau pertanyaan ini jin atau setan, saya tidak tahu.

Tapi yang jelas tidak ada arahan kesana, jin atau setannya, tidak ada.

Namun saya ingin mengatakan satu perkataan yang ada dalam mimpinya, untuk diraih dengan satu kesempatan yang sangat baik, bahwa dengan mimpi yang seperti itu, kenyataan yang menakutkan, dia juga datang dengan apa yang sudah kita dengar tadi mimpinya, wallohualam. Saya hanya ingin mengatakan kepada yang bermimpi tadi subhanalloh, punten, saya hanya ingin mengatakan bahwa

jangan meremehkan beberapa amanah yang ada. Amanah itu kepercayaan, jangan meremehkan kepercayaan yang ada.

Kenapa? Kadang-kadang udah berjanji dengan amanah sesuai itu yang ingin dilepas demi mendapatkan amanah yang satunya lagi, seperti itu. Jadi ini mungkin seperti terima janji dan berkaitan dengan amanah. Wallohualam.

Sudah cukup jelas ya. InsyaAlloh sudah ada tergambar juga, yang insyaAlloh bisa membantu bapak. Amin Ya Robbal Alamin.

Ali says:

Kita sedikit berbicara lagi ini Abi. Kadang-kadang aku ingin bertanya begini, ada orang yang tidak berani menyampaikan mimpinya, “tolong donk artiin mimpi saya ke muabirin”. Nah, keakuratan penabiran mimpi yang dari mulut ke mulut ini, lebih bagus mana niey, Abi?

Ustadz Abi says:

Yang pastinya, Bismillarihormanirrohim,

lebih bagus orang itu langsung berbicara, langsung share saja, karena nanti orang yang menabirkan mimpi ini akan ada beberapa pertanyaan, untuk mengangkat makna yang ada di dalamnya.

Dan tidak boleh, misalnya begini, sifat seorang penabir ini akan bertanya apabila belum jelas, apabila belum jelas akan bertanya, akan ditanya, terakhir penabir mimpi, pertanyaan terakhir itu tanya nama. Itu sudah terakhir, jadi penabir mimpi kalau sudah terakhir dia nanya, ini yang saya tahu, dan beberapa kitab-kitab, buku-buku tentang muabir mimpi, tidak ada yang namanya penabir mimpi bertanya yang nama kamu siapa, di awal. Itu engga, nama orang tua kamu siapa, alamat kamu dimana, nomor handphone kamu berapa, engga ada itu.

Yaitu hanya mengatakan,

mimpi apa.

Siapa?

Bla,bla. Sudah tau.

Begini. Begini.

Kalau sudah tidak bisa, nama kamu siapa?

Fulan.

Oh, udah ketahuan.

Jadi kalau sudah nanya nama, itu sudah akhir daripada senjata untuk menterjemahkan mimpi yang ada. Karena apa? Karena kadang-kadang nama itu menunjukkan sebuah makna. Kalau sudah tidak bisa. Jadi seperti itu kenyataan yang ada, kalau seandainya orang mau bertanya tapi tentang mimpi. Begitu ditanya.

“Tau itu kayaknya.”

Yang ada, “kayaknya. “

Harus yakin, mimpinya begini. Subhanalloh.

Ustadz, sesuai dengan dia ya.

Alhamdulillah kita sudah ada di penghujung acara.

Kembali lagi Abi, Ali ada sedikit bertanya, pernah engga Abi, tiba-tiba menemui jamaah yang istilahnya sampai akhirnya bener-bener susah mau menyampaikan artinya, begitu ustadz. Pekewuh atau tidak enak dalam hati. Mau engga mau, artinya harus disampaikan, ada engga c yang menemukan hal yang seperti itu.

Ustadz Abi says:

Beberapa kali pernah terjadi, tapi saya sudah minta maaf dengan mengatakan,

“saya udah katakan”

“ engga sampaikan saja….”

Saya menunggu kata-kata itu, kata-kata kita pegang saja.

Makanya ada jamaah kadang-kadang suka nanya saya mimpi ini, jangan ragu untuk menyampaikan baik buruk sampaikan kepada saya. Mungkin itu sebuah nasehat. Tapi kalau nasehat baik untuk misalnya kerjakan zakat , lalu tunaikan , kerjakan sholat, puasa Romadhon ada yang bolong, saya sampaikan.

Tapi kalau misalnya tidak berkaitan dengan syariat, misalnya, punten, dia ada masalah secara sisi pribadinya, saya tidak akan sampaikan. Namun hanya mengatakan bahwa anda harus begini, harus begini, harus begini saja. Tetapi kalu berkaitan dengan syariat, dan ini nasehat-nasehat yang penting, saya akan sampaikan, seperti itu.

InsyaAllah hari ini kita tambah cerdas lagi, Amin Ya Robbal Alamin.

Buat pemirsa di rumah yang mempunyai mimpi-mimpi yang ditanyakan kepada ustadz kita, boleh kirimkan saja lewat fax atau email, saat ini, ingat sisipkan nomor telepon anda.

Saya dan ustadz Abi mohon maaaf sebesar-besarnya apabila mimpi-mimpi anda yang belum sempat terjawab, ini karena kuar biasa, banyak sekali yang masuk ya, langsung Abi yang membalasnya karena tidak boleh ada perwakilan, karena memang tidak ada yang bisa ya. Jadi sabar, insyaAllah nanti semuanya akan terbalas.

Pemirsa di rumah yang ingin menyaksikan langsung acara Assalamu’alaikum Ustadz, tinggal daftar di nonton@rcti.tv, nanti akan kita undang kemari.

Thanks to: Program Acara RCTI Assalamu’alaikum Ustadz, Tema Tabir Mimpi, tayang 20 September 2011, bersama Ustadz Abi Makki, host Ali Zainal.

4 thoughts on “…para malaikat akan mendoakan orang yang tertidur dalam keaadan bersih, tidak memiliki hadast besar, tidak berhadast kecil … ^_*

  1. assalamualaikum
    ustadz sy mau tnya.., sy bermimpi berada di pingir pantai, tb2 air pasang n smua org yg berada di situ panik n ketakutan sambil berlari berhamburan untuk menyelamatkan diri, nmn dlm pikiran sy bahwa mereka tdk mungkin bs menyelamatkan diri mengingat hantaman ombak begitu keras tp ternyata setelah air mulai surut dan sy kembali ketempat itu, tiba2 sy meliat ada sebuah gedung berdiri dg kokohx. sy mencoba masuk dlm gedung dan sy kaget meliat orang2 yg tadix sy anggap telah hanyut di telan ombak. ada seorang pemuda mendatangi sy dan mengatakan pd sy “jika udah masuk ke tempat ini tdk bleh keluar dan semua yg masuk di gedung ini harus di baptis termasuk kamu”. sy menolak tp dia memaksa lalu dengan terpaksa sy di baptis tp dlm htqu menolak dg berzikir n membaca ayat kursi. alhamdulillah setelah membaca ayat tersebut sy bs keluar bersm segerombolan orang. kira2 apa makna dari mimpi sy ustadz? mohon di jawab.. terimakasih.

  2. saya bermimpi melihat kiamat dan melihat neraka saya melihat air berupa api mengalir deras saya duduk dipinggir jurang neraka lalu saya masukkan kaki saya ternyata airnya hangat bukan panas seperti yang saya bayangkan apa makna mimpi saya terima kasih wassalam

Komentar ditutup.