“… mimpi yang benar diantara kalian, yang paling jujur bicaranya…”

Ini contekan Acara Assalamu’alaikum Ustadz tema Tabi Mimpi di RCTI. Tayangnya tanggal 6 September 2011, seperti biasa jam 04:00 pagi. Masih dengan narasumber Ustadz Abi Makki dan host Ali Zainal. Yuk check it out😉

Ali says:

Untuk mengawali hari ini abi, ada satu pertanyaan dulu ya abi ya, apakah mimpi para nabi selalu berkaitan dengan tugas-tugasnya atau mimpi yang lainnya juga yang tidak ada hubungannya dengan kenabian. Nah, silakan Abi.

Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Nabi ini adalah merupakan sosok manusia yang disiapkan oleh Allah Subhanahu wata’ala ke muka bumi. Jadi tidak ada di muka bumi ini seorang nabi yang namanya kebetulan, jadi tidak ada dengan mengatakan, “.. ah di daerah ini engga ada nabi, ente aja jadi nabi….”😀😀  Engga.

Jadi nabi ini disiapkan oleh Allah Subhanahu wata’ala dari segi keturunan dan keilmuan dan seluruhnya. Maka apapun yang diberikan oleh Allah Subhanahu wata’ala baik dalam keadaan yang sadar ataupun tidur ini merupakan wahyu  dari Allah Subhanahu wata’ala. Saya bisa mengangkat dalam suatu hadist Rasululloh Sholallohu ‘alaihi wassalam mengatakan

mimpinya para nabi  itu hak

jadi tidak ada mimpinya nabi itu bohong, tidak ada mimpinya nabi itu dusta, tidak. Namun kenyataan yang ada di dalam hadist ini, mimpi nabi benar.

Terbukti ketika Nabi Ibrahim bermimpi untuk menyembelih anaknya, hak adanya.

Ketika Rasul Shollallohu ‘alahi wassalam bermimpi untuk masuk ke Masjidil Haram, artinya apa? Dia akan umrah dan hak adanya.

Subhanalloh tidak ada mimpi para nabi itu yang ngawur, itu tidak ada. Karena apa? Karena jelas manusia pilihan, perkataannya pun selalu jujur.

Ali says:

Mungkin sedikit intermezo, Abi, kadang-kadang misalnya aku ingin menggaris bawahi tentang tidak boleh bohong, ibadahnya bener. Kalau misalnya Abi, tidak seperti itu, bisa engga kita tabir-in mimpinya.

Abi says:

Ya, kita tahu kalau mimpi ini, ada mimpi yang pasti benarnya, datang pada para nabi, kalau orang ini sholeh, maka mimpinya pun banyak benarnya, tapi kalau ini banyak bohongnya, maka mimpinya pun banyak bohongnya, tapi kalau orang ini memang pendusta, maka naudzubillah, mimpinya pun hanya sedikit kebenaran.

Jadi kalau kita mau melihat mimpinya seseorang, lihat orang ini jujur engga? Kalau orangnya tukang bohong, mimpi. Ah, ini jangan di anggap, ini juga banyak bohongnya juga. Karena dalam hadist Rasulullah itu dengan tegas mengatakan

Mimpi yang benar mimpi diantara kalian, yang paling jujur bicaranya.

Pertanyaan dari Bunda:

Saya pernah bermimpi ustadz, saya melihat gumpalan awan kelabu dan putih, kemudian diantara awan itu ada sebuah mesjid besar dan kubahnya berwarna putih juga, setelah sesaat saya bangun, ada kehawatiran saya ustadz, masjid itu jauh sekali dan tidak mungkin tergapai, apa artinya, ustadz. Apakah mimpi itu bisa dijadikan motivasi terhadap ibadah saya. Terima kasih ustadz.

Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Sangat jelas, makna yang ada insyaAllah, maknanya sangat baik sekali, saya sampaikan. Wallohualam, apabila memang mimpi seperti itu

ibu banyak didoakan oleh orang yang sekarang sedang berada di tanah suci Mekkah Mukarromah, atau ada teman yang sedang umroh, atau mungkin ada sahabat yang sedang umroh, apa pun nanti adapun yang sedang berhaji yang pada bulan haji, maka Subhanalloh, hakekatnya ada orang yang mendoakan ibu di tanah suci Mekkah ataupun Madinah.

Inilah satu hal makanya, orang yang mau berangkat ke tanah suci, kita berkunjung kepadanya agar mereka selalu mendoakan kita ketika di tanah suci Mekkah atau  Medinah. Keutamaan yang sangat luar biasa.

Komentar Ali Zainal: Itu insyaAllah merupakan kalau engga salah pasti qobul ya, Abi, mudah-mudahan sampai. Amin.

Pertanyaan by phone yang bisa dihubungi

Saya, Andini dari Bogor, begini, saya mau menanyakan tentang mimpi. Saya pernah mimpi dinikahi orang lain yang tidak saya kenal, mimpinya benar-benar nyata dan jelas, pak ustadz. Ada ijab qobul-nya, saya didandani jadi penganten, saya duduk di pelaminan. Kira-kira apa artinya ya, pak ustadz. Apa itu pertanda jodoh saya? Mohon penjelasannya pak ustadz. Terima kasih.

Abi says:

Mimpi dinikahkan, dengan orang yang tidak dikenal.  Dari mulai dari akadnya, ijab qobulnya. Subhanalloh,

kalau memang belum menikah, insyaAllah akan menikah. Amin.

Ada lagi yang lebih penting, dengan menyatakan,

akan mendapatkan sesuatu hal yang lebih baik lagi, wallohualam, apakah mungkin kerjaan lebih baik lagi, apakah mungkin teman yang akan lebih baik lagi, pokoknya akan ada suatu perbuatan ataupun ada sesuatu yang akan didapatkan yang mana lebih baik lagi. Wallohualam. Tapi akan mendapat sesuatu yang lebih baik.

Pertanyaan via email dari Icha

Nama saya Icha, saya tinggal di Melbourn, Australi. Saya bermimpi berdiri di atas sebuah jembatan, saya merasa mau jatuh tetapi tidak, di bawah jembatan ada air, berombak seperti  air laut dan airnya sangat bersih. Saya melihat ke atas, langit ada matahari dan bulan, yang berdampingan di siang hari  yang cerah. Kemudian langit menjadi gelap, saya melihat ada sesuatu yang berkerlap-kerlip tapi bukan bintang, seperti ada yang memberitahu saya sesuatu. Kemudian menjadi gerhana dalam beberapa detik, langsung berubah lagi, ada beberapa perubahan. Kemudian bulatan matahari terpisah lagi, dan menjadi terang, tapi saya hanya melihat bulan saja. Demikian mimpi saya ini,  bisa tolong dijelaskan, ustadz.

Abi says:

Ada beberapa perubahan, panjang sekali. InsyaAllah kita singkat saja,

Pertama dengan mengatakan yang harus kita pegang, ada ini merupakan jembatan yang ada, perkataan yang disampaikan oleh yang namanya seorang nabi  Isa alaihissalam dengan mengatakan

Janganlah engkau sekali-kali membangun sesuatu diatas di suatu jembatan

Karena jembatan ini seolah-olah jangan engkau perkayakan, berfoya-foya di jembatannya di dunia, tapi kalau membangun sesuatu apabila yang sudah sampai jembatan, sesudah akhir dari jembatan. Maknanya jembatan.

Adapun  yang dilihat tentang apa saja yang dilihat, gerhana-kah, matahari-kah, hujan-kah, segala macam, itu lah kehidupan dunia bermacam-macam adanya.

Terakhir melihat gerhana, namun yang disebut di akhirnya, dia hanya melihat bulan. Bulan, dia terakhirnya dia melihat bulan. Makanya ini merupakan satu hal bahwa kehidupan dunia yang anda hadapi ada satu nasehat yang mengatakan

pertama, sabar dalam menghadapi apa-apa yang telah anda dapatkan sekarang, karena kesabaran ini harus disertai dengan qonaah, puas dengan apa yang ada.

Jadi, punten, dengan bilang segala macam, tetapi ujungnya melihat bulan, saya hanya melihat rembulan yang ada. Makanya dengan yang itu saja anda qonaah, maknanya dengan mengatakan cukup dengan apa yang  anda miliki dan lebih dari cukup, sifat qonaah ada dan sabar ditanamkan dalam pribadi anda.

Mungkin kalau seandainya, Alhamdulillah, hamba Allah ini yang dari Australia ini menyaksikan tayangan ini, ini mungkin sudah bisa merasakan dengan mengatakan,

satu, sabar dengan apa yang anda dapatkan, yang kedua, puas dengan apa yang anda dapatkan. Ini merupakan satu hal yang sangat luar biasa. Wallohu’alam.

Ada dari sahabat kita, dia ingin berbagi tentang mimpinya

Nama saya Dewi desembri, saya mau bertanya saya punya mimpi ini ustadz, saya sedang rindu dengan kedua orang tua saya yang telah tiada, truz dalam mimpi itu seolah-olah saya dibawa seseorang terbang ke dunia lain gitu. Beliau berkata inilah surga, gitu. Dengan keindahannya, dengan segala macam dweh, ada sungai-sungai, pokoknya sangat indah sekali. Truz saya dibawa pula, ke sutau tempat seperti neraka lah ya, orang menangis-nangis, menjerit-jerit, begitu. Truz, yang saya fikir gitu ya, saya langsung ke lorong, jadi ada kehidupan orang-orang yang sudah meninggal, yang sudah meninggal itu, ada yang bercocok tanam, ada yang rumahnya megah, ada yang truz maaf ya, kayaknya ada yang kurang baik di dunia, ada yang berubah menjadi kakinya seperti kuda, remang-remang, truz ada yang berubah tubuhnya seperti binatang. Apa ya, maksudnya ustadz? Dan ada suara yang terasa gitu. “Ow, kamu belum waktunya, ibu ayahmu ada di sana…” Mulai dari situ saya, aduh sedih banget begitu, tapi saya melihat orang tua saya itu bahagia di rumah yang seperti yang agak megah, ada halaman yang ini, asri, gitu. Ya Alhamdulillah lah, mohon penjelasannya ustadz. Mungkin Allah memberi sesuatu untuk saya.

Komentar Ali: inilah kehebatan mimpi ya, kita bisa masuk ke dalam berbagai macam alam dan ada banyak sekali petunjuk, silakan Abi.

Abi says:

Ini merupakan, mungkin ada pemirsa yang ingin bertanya maupun yang hadir disini, kenapa kok bisa sebuah mimpi itu hebat, dengan mengatakan kalimatnya, artinya

Dia berjalan mimpi ini kemana saja

Jadi tidak ada yang namanya tidak  boleh masuk sini, tidak boleh masuk sini, kemana saja bisa, bahkan bisa masuk ke masa yang akan datang, bisa masuk ke masa yang sudah berlalu, jadi saya singkat untuk memaknai yang ada dengan menyatakan

ini adalah merupakan suatu peringatan agar memperbaiki sholat yang 5 waktu.

Mengapa saya katakan demikian, karena Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam, ketika setelah Isra’Mi’raj, Rasulullah diperlihatkan bagaimana neraka, diperlihatkan surga, apa pun mimpi, ketika diperlihatkan surga, diperlihatkan neraka, ini adalah peringatan untuk memperbaiki sholat.

Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam diperlihatkan neraka dan surga itu saat Isra’ Mi’raj. Dan oleh-oleh dari Isra’Mi’raj ini adalah sholat.

Maka perbaiki sholat yang ada. Mungkin selama ini masih lalai, awali waktunya, mungkin selama ini masih kurang khusuk, perbaiki kekhusukannya, ini yang harus disampaikan.

Adapun orang tua dalam keadaan baik  yang disampaikan tadi, insya Allah mereka dalam keadaan kenikmatan yang ada disisi Allah Subhanahuwata’ala. Amin Ya Robbal Alamin.

Pertanyaan dari Bunda:

Saya Ibu Amidini, dalam mimpi, saya bermimpi melaksanakan sholat dan saya membaca surat Al Ikhlas dan Al Falaq, saya mohon penjelasannya, itu saja. Terima kasih.

Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Ini satu hal yang sangat mulia sekali. Mimpi dalam keadaan dirinya sholat, ini merupakan sesuatu yang sangat baik, apalagi kalau ingat surat yang dibaca.

Tapi seandainya kalau seandainya hanya mimpi ingat sholat saja, dia belum sholat, itu bahaya. Saya tidak menyamaratakan tentang bunda, tapi misalnya ibu belum sholat Dhuhur,  truz ketiduran, di dalam tidur mimpi mimpi sholat Dhuhur, nah, itu datang dari syetan. Karena apa. Karena biar ibu begitu bangun dikatakan ibu sudah sholat. Kalau belum sholat, itu syetan mengelabui yang ada.

Tapi seandainya, bunda mimpi sholat dan ingat ayat yang dibaca, Alhamdulillah ini merupakan suatu nasehat baik, dengan mengatakan kalimatnya jauh daripada godaan ataupun hasrat manusia. Wallohualam. Selamat dari ‘ain jin dan ‘ain manusia. Wallohualam. Jadi selamat dari hal yang seperti itu Wallohualam.

Komentar Ali: Baik, memang orang tua dulu bilang, “.. hati-hati kalau kena mata…” Jadi bahaya bangets ya Abi ya.

Komentar Abi: Karena ‘ain ini bukan sesuatu hal, bukan sihir. Tapi kadang-kadang begini, maka kadang-kadang begini, ini sebagai tauziah yang sangat hebat sekali, kadang-kadang orang mengatakan “MasyaAllah” tidak pada tempatnya. Ini di dengarkan untuk para pemirsa, misalnya begini

MasyaAllah ini artinya dari apa-apa yang Allah kehendaki.

Maka katakan MasyaAllah itu untuk sesuatu yang baik-baik saja.

Jangan mengatakan ,

“… Aduh rumah aku kebakaran… —- MasyaAllah.. ini salah !!!

“… demi Tuhan dia zina, …” —- MasyaAllah. Jangan mengatakan “MasyaAllah”.

“…Tabrakan, … —- MasyaAllah….” ini salah!!!

Katakan, “Astaghfirlloh” ataupun kalimat “Lakhaula walakuwata illabillah.”

MasyaAllah itu ditempelkan bagi orang yang baik.

Makanya kalau ada orang yang mengatakan

“Aduh kulitmu bagus, ..” itu dia tidak mengatakan MasyaAllah, bisa jadi besok doa bentolan, itu kena mata tuuh. Karena apa. Dia tidak mengembalikan puji ini kepada Allah.

Siapapun yang memuji, dan siapa pun yang dipuji. Katakan MasyaAllah. Itu kadang-kadang menyebabkan aib.

Alhamdulillah ada yang dapat kita hubungi lagi ,

Saya Udi wahyudin dari Depok. Saya ingin bertanya ke bapak, saya pernah bermimpi sore itu, saya baru pulang sekolah karena ada kegiatan tambahan. Sesampai saya di jalan saya melihat ke atas dan saya melihat banyak bulan ada sekitar 20 lebih dweh pak, berjatuhan. Lalu bintang tersebut bertabrakan dan berjatuhan. Lalu  saya melihat air yang ada di sungai tiba-tiba bergelombang seakan mau banjir. Seketika itu saya lari, saya takut pak, eh, tiba-tiba ibu saya dan adik saya ikut juga lari, lalu saya melihat bis, yang berhenti, lalu kita masuk pak, ke bis tersebut, Alhamdulillah pak, kami selamat. Apa ya pak, artinya mimpinya itu pak.

Komentar Ali: Ini mimpinya memang kalau engga salah , bulan, planet-planet akan beradu, tapi ada satu simbol lagi, ada  bis niey Abi.

Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Itu merupakan suatu nasehat dalam firman Allah Subhanahuwata’ala, yang maknanya

Untuk segera mendekatkan atau taqorrub, merapat, taubat kepada Allah Subhanahu wata’ala

Siapa c manusia yang engga punya dosa, pasti punya dosa,

segera minta ampun kepada Allah Subhanahuwata’ala, mendekatkan diri kepada Allah. Karena apa. Bis yang anda lihat, ini adalah merupakan yang disebut dengan kehidupan dunia, yakni maghfirroh, maknanya adalah yang berada dalam bis ini insyaAllah selamat dalam syariat Islam.

Apa pun yang terjadi, apa pun yang ada di muka bumi ini, kalau anda dan para pemirsa berada dalam syariat yang benar, nikmat dan iman dengan baik. Akan berjalan dengan baik.

Maka dengan mengatakan ini perkataan para muabir, dengan mengatakan yang maknanya,

Anda berada dalam syayaroh, syayaroh itu adalah kendaraan

mau yang namanya kendaraan, mau yang mau yang namanya mobil, mau yang namanya apa, kendaraan, segala macam kendaraan menandakan dunia, karena ini karena Rasulullah mengatakan ,

anda ini semuanya ada dalam perjalanan.

Perjalanan yang anda dilihat di dalam bis ini adalah syariat yang harus anda pegang yaitu Al Qur’an dan Sunnah. Wallohualam.

Komentar Ali: Ini mimpi yang sangat luar biasa dan insyaAllah mudah-mudahan denagn mimpi ini bisa menguatkan iman kita terus ya. Amin Ya Robbal Alamin.

Penghujung acara

Kali ini Ali ingin menyimpulkan sedikit. Pernah engga c Abi, biasanya kan kita ngomongin kalau  istilahnya dia sholatnya bagus, taqwanya bagus, maka mimpinya mendekati kebenaran. Nah, kadang-kadang kan kalau Abi kan bertemu dengan orang yang curhat tentang mimpi, kan engga semuanya niey, istilahnya, mimpinya orangnya dalam keadaan taqwanya bagus. Abi gimana ini, sholat engga niey, gimana ini, di mimpinya misalnya engga bener. Apa Abi tetap bertugas untuk menabirkan mimpinya, sehingga akhirnya menciptakan kebaikan buat dia.

Abi says:

Makanya salah satu qoidah dari muabir ini, untuk mendengarkan apa yang disampaikan daripada mimpi, dan jangan sampai dicandai tentang masalah mimpi, ini dengan suatu hal yang sangat baik, bahkan dalam suatu hadist Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassalam,

Artinya adalah yang paling besar dosa, dan termasuk dosa besar adalah bila dia mengatakan bahwa aku mimpi begini, padahal dia tidak mimpi.

Nah, hati-hati jangan sekali-kali bohong dalam mimpi, itu adalah dosa besar. Kalau seandainya banyak sekali, MasyaAllah, saya mimpi, saya mimpi, silakan, setelah itu kita dengarkan, kalaupun dengan mata ini mimpinya  kita harus berhusnudzon, dia seorang mukmin, orangnya baik, ya walau bagaimana pun tapi tetap di dengarkan mimpinya, kita akan berikan sesuatu solusi-solusi yang sangat baik.

Karena apa. Karena terkadang berapa banyak yang saya temukan gara-gara mimpi-mimpi itu menjadi resah, bahkan ya, beberapa, banyak, gara-gara mimpinya suami istri jadi tidak berteguran, gara-gara semalem dalam mimpi saya melihat bapak. Seperti itu. Setelah itu mimpinya berulang, sehingga apa yang terjadi, ya begitulah kenyataan yang ada, padahal hakekatnya mimpi ini merupakan suatu hal yang tanggapi merupakan hal yang benar menurut Al Qur’an dan Hadist.

InsyaAllah kita bisa lebih bijaksana lagi menafsirkan mimpi-mimpi kita. Amin ya Robbal Alamin.

Thanks to: Program Assalamu’alaikum Ustadz RCTI, tayang 6 September 2011, Tema Tabir Mimpi, Narasumber Ustadz Abi Makki, Host Ali Zainal