“… bisa jadi, mimpi merupakan peringatan dari Allah kepada manusia …”

Wah…. Acara Assalamu’alaikum Ustadz Spesial Ramadhan, tayangnya ternyata jam 01:30…. lebih awal 30 menit ternyata,…. tapi karena kangen beberapa hari ini kelewat menyaksikannya, jadinya baru bisa niey, yang tayang 06 Agustus 2011, aku bisa menyaksikannya dan aku bisa nyontek lagi….😉😉 , masih dipandu Ali Zainal, dengan bintang tamu Mpok Atik, Rina (menantu Mpok Atik), dan Nina (adik Mpok Atik). Kalau “Tabir Mimpi” tema-nya, pasti  narasumber jagonya Ustadz Abi Makki. Ustadz Abi Makki masih tetep dengan cara penyampaiannya yang super cepat, jadi kudu perlebar kuping buat mendengarkannya…😉😉

Buat pemirsa di rumah yang ingin bertanya kepada ustadz boleh kirim pertanyaannya lewat email tanya.ustad@rcti.tv atau fax  021-5309333, tentang mimpi, insyaAllah ustadz sendiri nanti yang akan menjawabnya. Buat pemirsa yang ingin menonton acara Assalamu ‘alaikum Ustadz di RCTI, tinggal daftar di nonton@rcti.tv, kritik dan saran anda kirimkan via SMS dengan ketik ustad(spasi)namaanda#komentar-komentaranda , kirim ke 9388.

Pertanyaan Ali Zainal:

Apakah sebenarnya maksud Allah Subhanahu wata’ala mengirimkan pesan kepada seseorang melalui mimpinya?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Allah memberikan mimpi karena mimpi ini memang, mimpi baik datang dari Allah, maka Allah memberikan suatu apa pun pasti tidak mungkin sesuatu yang Allah berikan sia-sia, pasti ada manfaatnya. Mimpi ini pun Allah berikan kepada manusia kepada hambanya yang disukai oleh Allah, yang dicintai oleh Allah, makanya ketika mimpi ini bisa nyeru. Maka ketika berbicara tentang ruh, cukup Allah Yang Maha Mengetahuinya.

Apa fungsi dan apa keinginan Allah memberikan mimpi kepada manusia, bisa jadi, mimpi ini bisa dijadikan, ini merupakan peringatan dari Allah kepada manusia.

Misalnya, mimpi dirinya mati, mimpi dirinya meninggal, mimpi dirinya dimasukin ke kuburan, apa maknanya? Ini merupakan peringatan.

Mimpi dia dikubur sendiri, mimpi tenggelam di air, kadang-kadang ini suatu makna, tapi terkadang tidak tahu maknanya apa, itulah kadang-kadang ditanya kepada penabir, apa pun peringatan.

Apa pun  nasehat ataupun kabar baik yang akan datang. Tanya akan punya anak yang sholehah, akan mempunyai anak yang sholeh, terkadang bisa terlihat di dalam mimipi.

Fungsinya untuk apa Allah memberikan mimpi kepada manusia, pastinya untuk membuktikan Allah Maha Cinta dan Maha Sayang kepada hamba-hamba-Nya.

Mimpi Mpok Atik 1: mimpi bertemu dengan mantan Presiden “Sh”

Dulu, udah lama mimpinya, tahun 1990-an, zaman itu masih presiden “Sh” datang ke rumah, ceritanya dijemput –lah,

“ditunggu sama bapak,”

 dijemput sama polisi ya, serem banget. Di istana begitu sampai, Bapak ama Ibu Presiden ada di depan, (*memangnya kita siapa? Racun tikus????😀😀😀 ). Disitu dipersilakan masuk, di ruang tamu, di jamu, disediain makanan, truz diajak ke dalam ama beliau, berdua, kagak ada siapa-siapa, cuma Mpok Atik aja sama Ibu, makan bertiga, makanan yang komplit, itu meja makan yang gedhe, yang komplit, cuma bertiga, segala makanan ada,😀😀😀 , alhasil sampai kita pada bangun, engga pulang dari istana. Tuh, apa maknanya?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirohim, singkat saja, bahwa siapa pun yang bermimpi dengan orang yang berpengaruh kepala negara, atau pun raja, atau siapa saja, maka insyaAllah ini merupakan suatu yang sangat baik sekali.

Sesungguhnya ada beberapa hal yang disampaikan, salah satu diantaranya adalah ketika kita bermimpi dengan seseorang presiden, siapa pun, walaupun siapa pun, apakah mantan, apalagi sedang menjabat, masyaAllah ini merupakan ada 2 hal, yang pertama adalah insyaAllah ada beberapa keinginan yang terkabul, ada keinginan yang terkabul, Alhamdulillah keinginan banyak yang terkabul, itu yang pertama.

Yang kedua bukan hanya keinginan yang terkabul, tapi wallohu’alam, dengan pengangkatan derajat manusia. wallohu’alam.

Mimpi Erna: mimpi menguburkan teman yang meninggal

Saya mimpi, temennya kakak saya meninggal, kakak saya datang ke kuburannya, nganterin ke kuburannya, truz waktu nganterin ke kuburannya, eh ketarik, kata orang, katanya menyusul. Kan kakak saya kan belum siap menyusul,😀😀😀😀 kira-kira artinya apa ustadz. Makasih ustadz.

Komentar Ali Zainal: kalau menyusul kalau Allah udah manggil, engga ada kata siap atau engga. Kita mesti jaga ibadah kita, kita mesti taubat….   :D  :D 😀

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Sebenarnya maknanya tidak buruk, tidak membahayakan maknanya, wallohu’alam, memang apabila sesuatu ketika dalam kuburan, ternyata ada istilahnya ini seperti tadi yang saya dengarkan, tidak perlu saya ulangi, tetapi maknanya ini merupakan suatu kehati-hatian, yakni, wallohu’alam, saya takutkan kakak anda berada dalam kelalaian, diajak oleh temannya sehingga lalai untuk berdzikir kepada Allah Subhanahuwata’ala, karena hadist Rasulullah Sollallohu’alaihiwassalam dengan mengatakan bahwa

Perbanyaklah kalian untuk mengingat tentang kematian, karena ketika menghadapi kematian, mengingat tentang kematian, kita akan semakin dekat dengan Allah Subhanahuwata’ala.

Maknanya, tetapi kalau dalam kuburan, bukan menjadi kematian itu, tetapi hatinya yang mati, pikirannya mati, keinginan ibadahnya yang mati, begitu ketarik, saya takut, wallohu’alam, terpengaruh dengan, wallohu’alam, mungkin teman-temannya yang kurang baik. Ataupun sehingga lalai dalam melakukan suatu beribadah kepada Allah Subhanahuwata’ala, khususnya di bulan Ramadhan seperti  ini. Wallohu’alam.

Mimpi Rina (menantu Mpok Atik): mimpi melihat tsunami

Aku mau tanya, jadi dari kecil itu selalu mimpi dengan ketakutan gitu, kayak sebuah banjir besar, truz tsunami seperti itu, pak ustadz. Dan di kerumunan orang, itu apa sebuah phobia atau apa, dari mimpi-mimpi itu?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Mimpi ini perlu diketahui, mimpi itu ada yang datang dari Allah ada yang datang dari setan, atau mimpi yang datang dari bunga tidur. Mimpi yang dirasakan itu adalah mimpi datang dari setan untuk menjadikan hati takut, phobia, seperti itu.  Makanya apabila mimpi seperti itu lagi, kitapun mungkin akan jadi resah. Apa yang harus dilakukan, ini seperti sesuai dengan syariat Rasulullah Sholallohu’alaihi wassalam

Apabila diantara kalian ada bermimpi suatu yang tidak disukainya, maka duduklah dari tidur anda, setelah itu membaca doa ‘audzubillahiminasyaitonirrojim, setelah itu meludah di sebelah kiri, 3x, isyarat saja.

‘audzubillahiminasyaitonirrojim.. cuih (isyarat meludah)

‘audzubillahiminasyaitonirrojim.. cuih (isyarat meludah)

‘audzubillahiminasyaitonirrojim.. cuih (isyarat meludah)

Kalau memang mau tidur lagi, tidur dalam posisi saat tertidur berlawanan saat mimpi buruk tadi. Jadi berbalik arah, tidurlah. InsyaAllah Rasulullah dengan kenyataan yang terindah beliau mengatakan

Mimpinya tidak akan berbahaya, mimpi itu berasal dari setan, tidak perlu takut, dan tidak perlu cemas, minta kepada Allah, dan berlindung kepada Allah, pasti akan kebaikan-kebaikan yang akan didapatkannya. Amin.

Mimpi Nina (adik Mpok Atik): mimpi diberi kado oleh orang tidak dikenal

Saya pernah bermimpi, dulu saya diberi kado sama orang tidak saya kenal. Laki-laki, tapi dia tua-lah, diberi kado, truz saya bilang,

“.. saya engga kenal bapak,”

“… udah, ambil saja, buat kamu, memang ini buat kamu.”

Saya ambil. Saya ngeliatin saja, karena saya bingung, karena saya engga kenal sama dia.

Truz dia bilang, “.. buka aja!”

Saya buka, buka itu semuanya alat elektronik tapi dari plastik. Saya ketawa. Saya udah tua, ngapain dikasih beginian.

Tapi dia bilang, “.. jangan ketawa buk, ibu coba..”

Saya coba, itu walkmannya nyala, tv nyala. Seperti elektronik beneran.

“..maaf ini, ini bukan buat saya.”

Dia bilang, “.. ini buat ibuk! Supaya saya menghubungi ibuk gampang.. ”

Sampai detik ini, saya tidak paham dengan mimpi saya ini. Saya pengen tau, apa arti mimpi saya.

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Ini suatu mimpi yang sangat baik sekali. Makna yang sangat cukup baik sekali. Apabila memang mimpinya seperti itu, diberikan sesuatu, saya tidak perlu mengulang lagi, namun yang jelas maknanya, ada beberapa point yang ingin saya sampaikan terhadap mimpi anda yang pernah disampaikan.

Yang pertama, dengan menyebutkan bahwa ridho-lah apa yang Allah berikan, walaupun tidak sesuai dengan keinginan, karena apapun yang Allah berikan, itu pasti baik buat anda. Namun apapun yang kita inginkan, belum tentu baik buat kita. Mungkin kita mengharap sesuatu, tapi Allah tahu kalau dikasih itu tidak baik, lalu dengan satu ridho dengan yang Allah berikan, dan hakekat itu terbaik buat bunda. Apa pun, yang menyedihkan, yang menyakitkan, yang membuat hati resah, yang membuat hati pilu, syukuri, karena ini adalah kebaikan dari Allah Subhanahuwata’ala. Karena apa? Karena efeknya adalah pahala yang sangat besar dibelakang.

Yang mungkin ada suatu kegiatan, yang keduanya jangan sampai,

“… loh kenapa ya kok begini…”  

“… kenapa ya kok begini …”  

Serahkan kepada qodho Allah Subhanahuwata’ala, tidak yang “meng-kenapa-kan” apa yang diputuskan oleh Allah Subhanahutawa’ala, laki-laki yang hadir itu adalah nasehat daripada ruh yang dimilikinya agar lebih menerima qodho qodar yang Allah berikan. Wallohu’alam.

Komentar Ali Zainal: masyaAllah, memang kadang-kadang kita selalu berdoa kepada Allah Subhanahuwata’ala, tapi perlu digaris bawahi bahwa Allah tahu yang terbaik buat kita.

Mimpi Mpok Atik 2: mimpi naik punggung dan terbang

Mimpi ini sebenarnya kejadiannya sebelum mimpi yang pertama tadi, kebalik tadi😀😀😀 Mimpinya masih kaitannya sama istana, “Tm Sh”, dia datang ke rumah kita. Truz sambil bengong,

“… “Tm” kesini ngapain?”

Kenal juga kagak ya.😉😉 Singkat cerita, kita persilakan masuk,

“.. ganti baju, Mpok…”

“.. ganti baju?”

“kita mau pergi,…”

Diajak kemana ini? Singkat serita, (** kita juga engga kenal sampai gini hari, ya.. 😉😉 … ). Begitu keluar dari garasi,

“… mau kemana bos?”

Dia bilang. “..engga usah pakai mobil, naik ke punggung gue… “  

“Engga pakai mobil? Naik punggung? Digendong?”

“.. udah naik aja..”

Begitu naik ke punggungnya, terbang, sampai gue bingung, terbang, makin tinggi, makin tinggi kan makin ngeri.  :D  :D 😀

Dia bilang, “… diem aja …”

Singkat cerita, sampai terbangun juga, masih di atas,😉😉 lagi terbang…😀😀😀

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Tidak terlalu jauh dengan mimpi yang ada, namun sekali lagi saya katakan ketika dilihat menyebut laki-laki itu, yang tadi disebutkan namanya, tapi hakekatnya bukan dia yang datang, itu adalah dunia yang datang, lalu nunggu untuk menaiki dipunggung laki-laki itu, hakekatnya bukan  naik ke punggung itu, tetapi menaiki dunia yang ada, iya menaiki dunia yang ada, sekarang mungkin tidak perlu saya tanyakan, namun untuk sekedar rasa syukur di dalam hati saja bagaimana dunia ini sekarang, minimal dunia itu, istilahnya, cukup dekat-lah, cukup dekat sekali, misalnya negara Indonesia ini, mau kemana saja Mpok Atik, mau kemana, mau kemana, orang-orang kan sangat dekat sekali.

“..oww itu Mpok Atik..”

“..oww itu Mpok Atik..”

 Makanya kalau orang sudah di atas, susah ngelihatnya

“.. ow itu dia orangnya…”

karena di atas ini tidak terhalang apa-apa. Jadi maknanya adalah

Sesungguhnya dengan mengatakan, dunia itu telah dinaikinya,

maknanya, dengan alangkah baiknya ketika sudah naiki dunia ini untuk lebih bersyukur kepada Allah Subhanahuwata’ala. Wallohu’alam.

Pertanyaan Ali Zainal:

Jenis-jenis mimpi seperti apakah yang menjadi syifa atau obat buat kita?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim, pastinya ini mimpi yang datang dari Allah Subhanahuwata’ala, baik itu merupakan teguran, baik itu merupakan petunjuk, baik itu merupakan kasih sayang Allah seperti apa yang disampaikan.

Melihat bunga-bunga yang indah, melihat surga, walaupun tidak seperti surga yang akan dilihat nanti, melihat kenyamanan yang ada di dalam hati, itu adalah syifa dari Allah Subhanahuwata’ala.

Ya, jadi kadang-kadang mimpi ini membuat tenang habis mimpi, tapi  terkadang habis mimpi menjadi resah. Nah ketika mimpi menjadi resah, itu datang dari syetan, ketika mimpi menjadi tenang, sebagai obat, sebagai penenang jiwa, itu adalah mimpi-mimpi yang datang dari Allah, maka alangkah  baiknya untuk lebih jauh menenangkan, untuk mengetahui maknanya, silakan, maknanya kira-kira apa. Dan tanyalah kepada seseorang yang mungkin bisa dipercaya oleh kita. Wallohu’alam.

Thanks to:

Program Acara RCTI Assalamu’alaikum Ustadz Spesial Ramadhan, tema Tabir Mimpi, tayang 06 Agustus 2011, jam 01:30, narasumber Ustdaz Abi Makki, dipandu Ali Zainal, dengan bintang tamu Mpok Atik, Nina (menantu Mpok Atik), dan Rina (Adik Mpok Atik).

4 thoughts on ““… bisa jadi, mimpi merupakan peringatan dari Allah kepada manusia …”

  1. assalamualaikum…
    ustadz aku mau tanya. tmen aku pernah mimpiin aku meninggal uda sampe 3 kali dgn tmen” yg berbeda-beda.
    apa mksud dari mimpi itu ??
    tlong jwban nya..trima kasih

    • @Shucie Bahrie: seperti yang disampaikan pemandu acara Assalamu ‘alaikum ustadz (Tabir Mimpi), Ali Zainal:

      Buat pemirsa di rumah yang ingin bertanya kepada ustadz boleh kirim pertanyaannya lewat email tanya.ustad@rcti.tv atau fax 021-5309333, tentang mimpi, insyaAllah ustadz sendiri nanti yang akan menjawabnya.

      Jadi engga bisa di tanyain disini, saya cuma nyontek materi acara tsb.,😀😀 terima kasih sudah berkunjung😉

    • @aziz: … seperti yang disampaikan pemandu acara Assalamu ‘alaikum ustadz (Tabir Mimpi), Ali Zainal:

      Buat pemirsa di rumah yang ingin bertanya kepada ustadz boleh kirim pertanyaannya lewat email tanya.ustad@rcti.tv atau fax 021-5309333, tentang mimpi, insyaAllah ustadz sendiri nanti yang akan menjawabnya.

      Jadi engga bisa di tanyain disini, saya cuma nyontek materi acara tsb.,😀😀 terima kasih sudah berkunjung😉

Komentar ditutup.