..dalam mimpi siapa pun, ketika melihat dirinya wafat adalah suatu kebaikan

Menuju sahur pertama pagi kemarin tanggal 1 Agustus 2011 bertepatan dengan 1 Ramadhan 1432 H, lihat dulu Program Acaranya RCTI, Assalamu’alaikum Ustadz Spesial Ramadhan — Tabir Mimpi, karena tayangnya jam 02:00, biasanya kan kalau hari biasa tayangnya kan jam 04:00. Heran juga, kok aku engga ngantuk ya😉 Masih dipandu Ali Zaenal, kali ini ada bintang tamu seorang komedian Ade Namnung, ditemani 2 manager-nya Ari dan Yoga, narasumbernya pastinya Ustadz Abi Makki.

Pertanyaan via email yang dibacakan Ali Zaenal:

Mimpi nabiullah Yusuf alaihissalam menggambarkan kejadian nyata yang akan terjadi di depan. Apakah mimpi  memang bisa menjadi gambaran apa yang akan terjadi pada seseorang dimasa yang di depan?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirohim. Yusuf alahissalam pernah bermimpi ketika diusianya masih kecil dengan mengatakan

Bermimpi dengan melihat 11 bintang, matahari, dan bulan bersujud kepada Yusuf alaihissalam.

Lalu disampaikan kepada bapaknya dan bapaknya sesungguhnya sudah mengetahui daripada makna yang ada  kalau Yusuf akan menjadi seorang raja, sebelas bintang itu adalah saudaranya, matahari adalah dirinya sendiri (bapaknya), bulan adalah ibunya, keluarganya sujud pada Yusuf alaihissalam. Dan ini terjadi ternyata ketika Yusuf berusia 40 tahun. Masa yang akan datang baru terjadi.

Rasul sholallohu alaihi wassalam pernah bermimpi, bukan kepada Yusuf saja, Rasul sholallohu alaihi wassalam pernah bermimpi yakni mimpinya beliau menggunakan gelang emas. Sementara emas ini buat laki-laki tidak boleh.

Dan Rasulullah mengatakan,  dengan menyebutkan, “.. kenapa pakai gelang emas?”

“Aku tidak suka dengan gelang emasnya.”

Ditanya, “Ya Rasulullah apa artinya?”

Rasulullah menjawab, “2 emas yang ada di tangan ini akan datang yakni 2 pendusta di zamanku yang mengaku nabi ternyata ada.” Waktu itu belum ada yang mengaku sebagai nabi, tapi mimpi sudah memberikan satu isyarat akan terjadi.

Sekarang pertanyaannya, apa mungkin mimpi seseorang baru akan terjadi di masa yang akan datang? Sangat memungkinkan. Itu apabila mimpi baik dan memiliki makna membuka tabir yang ada kejadiannya akan begini akan begini.

Permasalahannya, apakah ada yang sanggup mengartikan mimpi tersebut? Karena mimpi ini ada yang memiliki arti, ada yang tidak memiliki arti, dan ada yang bunga tidur. Dan ada satu lagi ada mimpi yang namanya, ada yang artinya memiliki makna tapi orang tidak tahu artinya apa. Semua ada yang bilang pernah bermimpi akan tahu artinya semuanya, tidak. Wallohualam.

Obrolan Ali Zaenal:

Masyarakat kita, terutama masyarakat Indonesia, yang memang mendapat sentuhan tentang yang namanya mimpi ini bisa digaris bawahi baru dari Abi mungkin ya, misalnya melalui media televisi dan segala macam. Nah, terjadi kontroversi, terjadi pertanyaannya apakah mimpi itu, emm, pandangan Al Qur’an-nya seperti apa niey? Truz sempet juga, wallohualam bi showab, dengan keterbatasan ilmunya tiba-tiba dia bilang “wah, mimpi itu engga ada penafsirannya”, itu engga ada, itu hanya kayak peramal saja. Nah, ini menurut Abi seperti apa?

Tanggapan Ustadz Abi:

Bismillahirrohmanirrohim. Segala sesuatu pasti tidak mungkin kita akan melakukan tanpa adanya bimbingan, tanpa adanya contoh, baik nabiullah, baik di dalam Al Qur’an maupun hadist Rasul Sholallohu’alaihi wassalam. Segala sesuatu telah termaktub dan telah diatur di dalam kehidupan manusia yang ada dalam Al Qur’an, termasuk mimpi. Karena mimpi ini adalah sesuatu yang ada dalam kehidupan kita, Al Qur’an diterangkan, Subhanalloh, diperkirakan, bahkan para ulama menyebutkan itu ada 55 ayat, bahkan kalau dalam suratnya ada 22 Surah yang berbicara di dalam surah itu tentang mimpi. Yang paling banyak itu di dalam Surah Yusuf, yang kedua dalam ada dalam Surah Al Kaff. Subhanalloh, ini ada bahkan di dalam hadist, hadist Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassalam.

Para pemirsa yang berbahagia kalau ingin melihat, ambil buku, buku namanya hadist, mana saja, hadist apa saja, tolong cari dalam bab mimpi. Maka disitu akan terbuka tentang mimpi itu apa saja.

Bahkan Rasul Sholallohu ‘alaihi wassalam setiap habis sholat Subuh itu selalu bertanya kepada para sahabatnya, dengan mengatakan,

“..  apakah diantara kalian ada yang bermimpi?”

Setelah itu, para sahabat, “Ya Rasullullah saya bermimpi”, diartikan.

“Ya Rasulullah saya bermimpi”, diartikan.

Pertanyaan, “Kenapa Rasulullah hampir setiap sholat Subuh selalu bertanya kepada para sahabatnya?” “Apa diantara kalian ada yang bermimpi?”

Karena satu, jawabannya, Rasulullah ingin menegaskan kepada kita betapa pentingnya sebuah mimpi.

Betapa banyak orang bisa resah gara-gara mimpi. Orang bisa berantem, suami istri, gara-gara mimpi. Itu yang pertama. Yang kedua kenapa mimpi ini, sampai Rasul bertanya, siapa diantara kalian yang bermimpi? Jawaban yang kedua, karena Rasulullah ingin mengajarkan kepada kita bagaimana cara menabirkan mimpi. Al Qur’an berbicara tentang mimpi, hadist berbicara tentang mimpi, siapa pun yang berpendapat suatu hal yang tidak sesuai apa yang saya sampaikan, tanpa mengurangi rasa hormat, tolong kembalikan kepada Al Qur’an dan Sunnah dan dipelajari bagaimana sesungguhnya Islam memandang terhadap mimpi-mimpi yang ada di muka bumi. Wallohu alam.

Pertanyaan Ali Zaenal:

Bisa dijelaskan sedikit mengenai peramal Abi, apakah ada koneksinya dengan mimpi?

Jawaban Ustadz Abi:

Jelas jauh, kalau yang namanya peramal, ini adalah tidak ada ilmunya, yang pasti yang membimbingnya adalah setan. Jadi seperti dibisikkan oleh jin, setan ke telinganya dukun dan dia menyampaikan seenaknya saja. Yakni yang dibicarakan satu benar, satu kebohongan. Tapi kalau mimpi, ada syar’i-nya dan ada bimbingannya, dan juga  ada contohnya.

Pertanyaan Ade Namnung:

Perbedaan antara mimpi itu sendiri, bunga tidur, sama apa yang dari setan?

Jawaban Ustadz Abi:

Sangat jelas sekali, pertanyaannya sangat baik sekali. Rasulullah mengatakan,

mimpi baik yang terasa menyenangkan, menenangkan, membuat gembira itu datangnya dari Allah.

Mimpi yang menakutkan, melihat orang yang kita cintai meninggal, melihat orang yang kita cintai misalnya wafat, melihat orang yang kita cintai ternyata kecelakaan, apa saja,  jadi itu mimpi buruk, datang dari syetan.

Lalu yang ketiga bunga tidur, nah, bunga tidur ini sesuatu yang terjadi di dalam mimpi karena terbawa sesuatu yang terjadi di alam nyata terbawa ke dalam mimpi. Contoh misalnya, mau tidur, misalnya ya, nahan pipis,😉, tidurlah dia, eh ngompol, ini jangan dicari maknanya, memang dia gara-gara nahan pipis.

Begitu. Atau apa saja dengan kenyataan yang ada, namun yang harus kita ketahui, kalau bingung ini maknanya apa, bunga tidur atau apa bukan, tanya saja kepada siapa yang menabirkan mimpi, insyaAllah, dia akan secara lebih bijak menyampaikan. Wallohu alam.

Pertanyaan dari komedian Ade Namnung:

Aku kan takut banget dengan sosok pocong. Tapi justru semakin tajut-takut, sepertinya semakin ngikut-ngikut, sempet tidur, kaya gitu, dikejar-kejar melulu. Aku lari gitu aja, engga tahu ujungnya, ini muncul terus, jadi phobia.

Jawaban Ustadz Abi:

Bismillahirrohmanirrohim. Setan ini sangat suka ketika dia memberikan mimpi seseorang, agar orang itu merasa takut dengan mimpinya. Salah satunya menakuti hamba Allah saaat tidur dengan memberikan mimpi-mimpi seperti  , justru takut dengan pocong, setan, menghilangkan ketenangan, menghilang kenyenyakan dalam mimpi.

Satu yang pertama yang harus saya sampaikan, sebelum tidur pastinya, sebaiknya wudhu, kalau bisa 2 rakaat sholat. Artinya sudah berdoa menyebut nama Allah seperti itu, tapi kalau seandainya sudah berdoa seperti itu, sudah wudhu, sudah sholat masih saja datang, mungkin, mungkin, kita sudah sholat,  berwudhu, sudah menyebut nama Allah, tapi ternyata mimpi itu tetap datang, mungkin, sangat memungkinkan. Apa yang harus dilakukan? Begitu mimpi buruk seperti itu, duduklah, baca ‘audzubillahiminsyaitonirrojim,  setelah itu meludah ke sebelah kiri isyarat 3X.

Jadi begini, ‘audzubillahiminsyaitonirrojim, cuih cuih cuih

‘audzubillahiminsyaitonirrojim, ciuih, cuih, cuih.

‘audzubillahiminsyaitonirrojim, cuih, cuih, cuih😉

Setelah itu jalankan sholat 2 rakaat. Minta kepada Allah berlindung dari mimpi buruk tersebut, kalau seandainya mau tidur lagi, silakan tidur lagi dalam posisi yang berbeda saat mimpi buruk tadi. Kalau tadi misalnya tidurnya lagi begini (miring ke kanan), sekarang miring ke kiri, kalau seandai tadi miring ke kiri, sekarang ke kanan, tapi jangan tengkurep. Jadi tidak sama dengan posisi saat mimpi buruk, insyaAllah, Rasulullah mengatakan

Mimpi buruk itu tidak akan kembali lagi.

Komentar Ade: sholatnya baca  niatnya apa?
Komentar Ustadz Abi: niatnya? Kalau mimpinya pas tahajud, ya niatnya sholat Tahajud.

Pertanyaan Yoga, managernya Ade Namnung:

Saya pernah bermimpi, saat pindah kontrak baru, truz aku tidur, dengan menghadap ke tv, aku timer, ada perempuan, rambut panjang sampai ke tanah, aku ngelihat gitu, aku mau menutup mata engga bisa, truz aku baca yang aku bisa, baca Al Fatihah, tapi dia engga mau pergi, dia malah nyisir, seolah-olah dia mau minta di make up😀😀😀😀 Seolah-olah dia itu menari, dan dia berbalik mukanya itu rata, Pak Ustadz. Ini mimpi tau ketinditan, atau bagaimana? Tapi setelah aku bangun, dia hilang.

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Saya hanya mengatakan satu kata saja, bahwa dengan menyatakan yakin lah apabila telah mengambil keputusan. Jadi dengan mengatakan dalam kesulitan segala macam, lalu dalam keadaan anda melihat seorang wanita ternyata membaca dalam keadaan seperti nyisir, setelah itu muka rata, dengan mengatakan Wallohualam. Saya hanya ingin mengambil suatu keputusan, maknanya adalah janganlah menjadi sesuatu orang yang penuh dengan ragu, tapi begitu mengambil keputusan yakinlah jadikan keputusan yang baik. InsyaAllah keputusan ini diberkahi dan di rahmati oleh Allah Subhanahu wata’ala. Amin.

Pertanyaan dari Misbah, dari Ashsidiqqiyah:

Apakah setan bisa menyerupai seorang ahli agama atau seorang kiai dalam mimpi seseorang?

Jawab Ustadz Abi:

Bismillahirrrohmanirrohim. Setan dapat menyerupai dan hadir dalam mimpi manusia mau menyerupai apa saja , siapa saja, kecuali yang pasti hadistnya, Rasulullah

Apabila setan dan setan tidak dapat menyerupai Rasulullah. Karena apa? Karena Rasulullah bersabda, mengatakan,

“Siapa yang melihat aku dalam mimpinya, maka pastikan itu adalah aku, karena setan tidak dapat menyerupai aku.”

Selain Rasulullah, setan mungkin bisa menyerupai siapa saja. Wallohualam.

Pertanyaan dari Ari, managernya Ade Namnung:

Abi, Assalamu’alaikum Abi, saya pernah mimpi, saya udah meninggal dunia dan saya melihat dari atas, saya lagi dikerubungi banyak orang, ada juga mantan cewek-cewek saya juga, ada 6 lah. Datang semua tuh cewek saya.  ;)😀😀

Komentar Ali Zaenal: ini adalah merupakan mimpi yang sangat luar biasa, ada kalimat dia melihat dia sudah tiada, dia didatangi orang-orang yang pernah menjadi kekasih dekatnya, dan ada satu clue lagi, 6.

Jawaban Ustadz Abi:

Bismillahirrohmanirrohim. Dalam firman Allah Subhanahu wata’ala,

“inilah yang harus dipraktekkan dan harus disimpan.“

Jadi sebenarnya dalam mimpi siapa pun, ketika melihat dirinya wafat adalah suatu kebaikan. Kalau misalnya dirinya melihat jenazah pribadi, jenazah dirinya, itu adalah suatu kebaikan, akan mendapat sesuatu yang jauh lebih baik.

Tapi disitu dikelilingi dengan beberapa orang, boleh dikatakan perempuan atau mantannya segala macam, dengan syarat untuk tidak mengulangi kekeliruan-kekeliruan yang sudah berlalu. Dari istilahnya dengan mengatakan kekeliruan yang sudah berlalu, tahu, makanya tanda orang soleh itu dua, satu, tahu tentang kekeliruannya dan kedua, cepat memperbaikinya. Jadi itulah akan ada suatu perubahan yang jauh lebih baik ketika berintropeksi  apa-apa yang harus ditinggalkan. Wallohualam.

Komentar Ali Zaenal: tadi bilang, “saya banget”, jadi ente tahu kesalahan ente kan, mau memperbaikinya kan😉😀😀 Kita doakan insyaAllah.

Luar biasa, kehidupan artis ini bisa dibilang penuh dengan glamour kan ya. Sesuatu yang wah, masih bisa mimpi ya.😀😀 Ada mimpi macem2, mungkin bisa sharing sama kita lagi salah satunya.

Pertanyaan dari Ade Namnung:

Aku juga sering mimpi terbang. Terbangnya itu selalu di tempat-tempat yang juga sampai ke kuburan juga, ke rumah teman, ke rumah sahabat, pokoknya segala macam. Pas balik lagi, aku engga tahu ada dimana. Bukan kembali ke tempat awal. Terbang itu enak banget.😉

Jawaban Ustadz Abi:

Bismillahirrohmanirrohim. Terbang kesana kemari, kesana kemari. Wallohualam. Selagi tempat terbang diketahui walaupun pengembaliannya tidak tahu, tapi ada satu hal yang ingin saya sampaikan, mimpi terbang dengan kenyataan seperti itu, walluhu alam, yakni dengan menyebutkan ini adalah maknanya satu hal yang harus diperhatikan, insyaAllah banyak pertanggungjawaban kepada orang lain yang harus diselesaikan. Jadi ada tanggungjawab, mungkin tanggung jawab kepada adik sendiri misalnya, orang tua, tanggungjawab yang harus diselesaikan. Wallohualam.

Pertanyaan Ali Zaenal:

Di dalam kehidupan manusia di atas muka bumi, status orang berbeda-beda. Apakah dari status ini kalau kita menarik kesimpulan,  bisa mempengaruhi mimpi kita?

Jawaban Ustadz Abi:

Sangat mempengaruhi, status seseorang, pekerjaan seseorang, lalu kehidupan seseorang berpengaruh dalam mimpinya. Kenapa demikian? Karena mimpi ini akan mengiringi daripada kehidupan orang tersebut. karena apa? Ketika orang itu bermimpi, maka sebaiknya  muabir harus tahu, dia itu siapa dan bagaimana dan kerjanya dimana. Itu jauh lebih baik, makanya kalau orang itu memberi data lebih lengkap, muabir, yang menabirkan mimpi akan lebih mudah untuk .

Pemirsa di rumah yang ingin nonton langsung acara ini tinggal daftar saja di nonton@rcti.tv , kritik dan saran anda kirimkan saja via SMS  tinggal ketik ustad(spasi)nama anda#umur anda#komentar anda dan kirim ke 9388.

Thanks to:

Program Acaranya RCTI, Assalamu’alaikum Ustadz Spesial Ramadhan — Tabir Mimpi, tayang 1 Agustus 2011, jam 02:00, dipandu Ali Zaenal, bintang tamu seorang komedian Ade Namnung, ditemani 2 manager-nya Ari dan Yoga, narasumber: Ustadz Abi Makki.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s