Am I Addicted to watching “Assalamu ‘alaikum Ustad” ? ^_*

Sepertinya aku jadi addicted to watching “Assalamu ‘alaikum Ustad”, terutama kalau temanya pas “Tabir Mimpi”, yang tayangnya di RCTI sebelum adzan Subuh, yaitu jam 04:00 pagi, selesainya jam 04:30, biasanya c Adzan Subuh udah berkumandang waktu Jogja dan sekitarnya beberapa menit sebelum acara ini selesai, nah, kali ini adalah contekan yang tayang tanggal 9 mei 2011, masih dipandu Ali Zaenal, narasumbernya masih Ustadz Abi Makki. Hmmm… Ustadz Abi Makki ini cepet banget gaya bicaranya, jadi kudu extra perhatian..😀

Pertanyaan:

Beda mimpi dan berkhayal, kalau berkhayal, itu kan perjalanan otak, lamunan, apakah lamunan ini juga atas kehendak Allah, dari setan kah atau itu adalah merupakan kehendak setan. Nah, ini gimana ustadz?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohanirrohim. Pertanyaan bagian dari khoidah antara mimpi dan khayalan atau khayali, bismillahirrohmanirrohim, kalau mimpi ini tidak ada yang bisa mengatur, karena ketidakadaan kuasa manusia ini, kalau baik datang dari Allah, kalau jelek peluang datangnya dari setan. Dan ini tergantung keadaan kita. Kalau keadaan sholeh, adab baik, sesuai syariat, mimpi insyaAllah berasal dari Allah, tapi kalau seandainya akhlaknya buruk, pendusta, makanannya banyak haram, segala macam, itu setan dengan mudah memasuki mimpi orang tersebut, makanya tidak boleh dalam keadaan tidur berkhayal, karena apa, karena ini suatu hal yang bahaya, jadi kalau mimpi ini tidak ada yang bisa menguasainya, Allah Subhaannahu wata’ala saja, kalau tidak, setan.

Tapi kalau seandainya khayalan, itu adalah subhanalloh otak kita bener, tapi hakekatnya ini adalah suatu hal yang perlu diketahui kalau khayalan itu bisa diatur, coba kalau ibu, misalnya, para pemirsa, maw berkhayal jadi apa, misalnya jadi dokter, bisa mengkhayal kan, jadi mengkhayal, apa pun, segala-galanya, kadang-kadang banyak film-film yang engga mengerti, kenyataannya datang dari khayalan banyak, skenario kadang-kadang keluar dari khayalan, semua dari khayalan, apakah khayalan datang dari setan, kita lihat, setan ini kalau melihat orang yang berkhayal, ada dalam firman Allah Subhanahu wata’ala, itu dalam hati kita, dalam otak kita. Itu khayalan. Itu khayalan yang ada. Apakah itu berbahaya? Wow sangat berbahaya. Kalau seandainya mungkin dikaitkan ke dalam mimpinya, berkhayal, jadi kaya, wah langsung berkhayal, akhirnya dia mengambil apa saja yang haram.

Tetapi kalau ada orang bersusah-susah dengan mengawali khayalannya, melihat, seseorang kemudian berkata, “..kalau saya sholeh bagaimana ya..,” subhanalloh, jadi silakan kalau ada khayalan, makanya bisa jadi, mungkin atau khayalan ini yang dipelopori oleh setan, atau mungkin hasanah, ini ketika keinginan untuk berbuat baik, dan ketika keinginan untuk berbuat baik adalah merpakan bagian dari doa dan mendapat pahala dari Allah Subhanahu wata’ala.

Ada hadist Rasulullah,

“jika seseorang berkhayal, atau ber-ingin, menginginkan suatu perbaikan atau pun melakukan suatu kebaikan, maka dia akan mendapatkan pahala.”

Subhanalloh. Ternyata apa, dia sempat melakukan kebaikan ini, bisa jadi dilipatgandakan sampai 10 kali lipat, bahkan lebih. Subhanalloh. Ini baru keinginan berbuat baik, maka dengan mengatakan apakah mungkin orang yang bisa melakukan buat baik tanpa niat, niat ini kadang-kadang kita ada keinginan menjadi khayalan.

Jadi kalau khayalan, ini merupakan pengaturan dari jasad kita dan ini merupakan angan-angan yang ada di dalam hati kita. InsyaAllah baik berkhayal dengan baik-baik, insyaAllah berkhayal dengan baik-baik.

Komentar Ali: Baru niatnya aja udah pahala, ya buk yaaa…jangan niat doank, harud dikerjain ya.

Pertanyaan:

Dia men-judge/menghakimi mimpinya apabila dia melihat tawa di dalam mimpinya, dia laaangsung bilang bahwa dia akan mendapatkan malapetaka ataupun keburukan. Dan akhirnya terjadi hal seperti itu. Bagaimana menurut ustadz?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohanirrohim. Ada 2 point yang ingin saya sampaikan untuk beliau, yang pertama, saya hanya ingin mengatakan, orang yang tertawa seperti itu, ini merupakan memikul suatu amanah yang ada dari Allah Subhanahu wata’ala. Amanah itu ada bermacam-macam, musibah itu amanah, kebaikan itu amanah, mendapatkan suatu hal dari orang lain itu amanah, istri itu amanah, mendapatkan jabatan itu amanah, hilang jabatan juga amanah, adalah titipan dari Allah subhanahuwata’ala. Namun yang ingin saya katakan bahwa kita bermimpi melihat segala macam, misalnya pesawat jatuh, segala macam, akan selalu mendapat keburukan, inilah yang suudzon. Kenapa saya katakan itu, karena, dia memfokuskan, men-judge, kalau saya mimpi buruk, itulah suudzon yang ada. Karena apa? Karena

“Aku berada dalam prasangka hambaKu” ,

coba saya nasehatkan kepada pemirsa pada abang tadi, subhanallah, kalau seandainya bermimpi, tolong jangan sekali-kali mengartikan mimpi dalam arti akan berbuat atau terjadi keburukan, tidak, ketika mengatakan “..wah, saya melihat pesawat terbang, ataupun jatuh, ..wah , saya akan dapat rezeki,..” justru berdoa, insyaAllah justru kebaikan yang ada. Amin.

Jadi, jangan sekali-kali mengartikan mimpi dan memfokuskan dan memaknai mimpi dengan hal yang buruk, karena apa, karena dalam suatu Hadist Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassalam, sudah jelas, beberapa kali mengulang kata-kata ini, karena ini penting,

“mimpi ini seperti burung yang hendak terbang, dan itu akan cepat terjadi,”

wallohu alam. Jadi begitu. Tetapi kalau seandainya anda artikan baik, insyaAllah akan menjadi baik, walaupun lama waktu, ini yang harus dipahami.

Komentar Ali: Baik, kita tetap harus berprasangka baik dulu terhadap mimpi-mimpi kita ya, jangan langsung kita judge/hakimi sebagai hal yang buruk, karena akan terjadi hal  buruk nanti.

Pertanyaan by phone dari Fitri dari Semarang:

Begini loh pak Ustadz, saya ini mimpi, waktu itu dalam mimpi saya tiba-tiba bunyi petir, saya lihat tanah yang kami injak itu terbelah, sempat saya berpikir, Ya Allah apa ini hari akhir? Lalu saya menggandeng ibu saya, tapi tangan kami terpisah, karena ibu saya disebelah kiri saya, dan tanah yang ibu pijak itu terbelah. Ibu saya masuk ke dalam tanah, pak ustadz, saya menangis, saya coba lari keluar, dan ternyata tanah semuanya terbelah, Ya Allah, saya takut pak Ustadz, lalu saya lari, keluar, saya lihat bapak dan kakak saya juga masuk ke dalam tanah, lalu saya berteriak memanggil bapak dan ibu, tapi engga ada jawaban sama sekali. Truz saya sujud, saya berteriak, Ya Allah, maafkan saya, setelah itu saya bangun dari mimpi, pak ustadz, kira-kira opo yo artine, pak ustadz. Mohon dijelaskan pak ustadz.

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Ini merupakan suatu gambaran kalau kita melihat tadi berbicara tentang tanah, bumi, kalau kita lihat dalam dalam tafsir Al Qur’an, ternyata kira-kira 280 lebih lah, kata-kata bumi, kata-kata tanah terus terulang, tetapi saya hanya melihat satu hal yang ada dalam Al Qur’an mencocokkan dengan mimpinya, dengan mengatakan, yang maknanya ini merupakan suatu nasehat, langsung saja diartikan secara jelas, bahwa nasehat agar tolong dijaga hubungan keluarga agar tidak terpecah, jangan sampai terpecah, antara keduanya, mungkin adik-abangnya, pokoknya jangan sampai terpecah tali silaturahim. Karena sekarang ini, maaf, maaf, mungkin karena gara-gara warisan atau mungkin hanya gara-gara beda pendapat, ini yang harus dijaga, saya sampaikan kepada bunda yang bermimpi tadi, ini merupakan suatu nasehat agar tidak sampai terpecah belah hubungan keluarga. Wallohualam.

Komentar Ali: Silaturahim dijaga antar keluarga, ya, jangan sampai terpecahkan.

Pertanyaan dari Luhur:

Begini ustadz, saya itu dimimpiin sama kakak saya, katanya saya itu bagi-bagi sama anak yatim sama kaum duafa, itu berupa kaleng-kaleng roti, ustadz, banyak sekali, lalu yang terakhir itu saya serahkan kepada kakak saya, nah, pas kakak saya buka itu isinya itu koin-koin yang emas, kayak perak gitu ustadz, kakak saya itu tidak maw terima, dia kembalikan lagi sama saya, itu apa c artinya, ya? Mohon penjelasannya ya ustadz. Mimpi kakak saya itu apa ya, untuk saya?

Komentar Ali: mimpi kakak saya adakah artinya buat saya? Ini unik juga ya😀

Jawaban Ustadz Abi makki:

Bismilahirrohmanirrohim. Ini sangat baik sekali pertanyaannya. Pertama, apakah mungkin ada maknanya, kakak yang bermimpi untuk adiknya. Mungkin. Karena dalam hadist-nya, Rasul mengatakan yang artinya “Anda melihat, ataupun anda dilihatkan oleh mereka” … jadi saya mimpi seperti ini untuk kamu, memaknai, makna itu, ya, ada maknanya. Saya hanya memberikan sedikit makna kepada ibu yang bertanya tadi, tolong ibu ketika bersedekah, ulangi, bila perlu, istilahnya bukan diulangi untuk apa ya, mungkin ibu keliru memberikan sedekah kepada orang yang salah. Atau ibu memberikan suatu kepercayaan yang keliru, bisa jadi, tetapi saya hanya mengatakan, pahalanya akan tetap ada di hadapan Allah subhanahu wata’ala.

Tapi ibu keliru memberikan, apa, hadiah atau apa, misalnya gini, kadang-kadang melihatnya, saya perlu itu, saya perlu ini, atau kita semuanya langsung trenyuh, pada hakekatnya seperti ini, bisa jadi dengan membuat proposal lembaga, padahal bukan, makanya tolong  di cek saja, kalau seperti itu, selama mengalir dana yang ada atau sedekah yang ada, tolong, di cek, diperlihatkan, karena yang namanya, wallohu alam,  kaleng-kaleng roti-roti kering, “.. seseorang membawa khud, ketika Nabi Yusuf, seseorang bermimpi dengan mengatakan, seseorang membawa khud, yang dimakan oleh burung…,” tetapi saya hanya ingin mengatakan anda keliru memberikan sedekah kepada orang lain.

Komentar Ali: Sering sekali memang ada yang namanya, apa namanya, map, segala macam, keliling ya,  kadang-kadang kita disini sudah ada klik nya, cuma, ya udahlah, gitu kan, ya.

Pertanyaan dari Ibu Evi:

Saya punya mimpi, begini, dalam mimpi tersebut adik saya itu rencananya maw menggali untuk membuat sumur, dalam mimpi, saya yang bermimpi, adik saya yang menggali, belum begitu dalam sumurnya tersebut, tetapi sudah keluar air. Banyak sekali gitu, sampai saya kaget, dan tanya, kenapa, gitu, tetapi cuma di depan rumah aja, engga sampai ke belakang, kalau bahasa Sundanya, “ngabarabahi”.😀 Makna mimpi tersebut apa?

Jawaban Ustadz Abi:

Bismillahirrohmanirrohim. Mimpi sangat baik. Bismillahirrohmanirrohim. Mimpi ini merupakan suatu gambaran, wallohu alam, insyaAllah adiknya sholeh, dengan ada satu perbuatan yang diridhoi oleh Allah subhanahu wata’ala, yang sunnah dia lakukan, mungkin bisa sholat sunnah, mungkin bisa puasa, bisa dikatakan, dikategorikan orang yang maknanya adalah orang yang akan dimudahkan, terlihat sekali, subhanalloh, hakekatnya dalam mimpi air ini terlihat sekali, walaupun air ini di dalam, begitu dikeluarkan akan pindah, kenapa saya katakan seperti itu, karena hadist rasulullah sholallohu ‘alaihi wassalam, dengan mengatakan ini maksudnya, perbuatan sunnah yang dia lakukan akan mendapatkan pahala sangat berlipat ganda, misalnya saya sampaikan kepada bunda, kepada para pemirsa, hadist Rasulullah Sholallohu alaihi wassalam,

 “siapa yang berpuasa satu hari saja karena Allah subhanahu wata’ala, satu hari puasa sunnah akan aku hindarkan dia dari api neraka 70 tahun.”

Subhanalloh. Adik ibu itu dengan mendapatkan pahala seperti itu, terhindar dari api neraka, yang maknanya, akan mendapatkan suatu kebaikan, karena amal dia, sunnah yang dia lakukan. Wallohualam.

Pertanyaan by phone dari Sanyoko di Puwokerto

Jadi suatu malam, ini saya pernah bermimpi, pak ustadz, ada suatu burung terbang di atas saya, kesana-kemari, saya ingin menangkapnya, tapi saya pikir ini suatu yang mustahil ya, karena posisi burung ini sedang terbang, lalu dalam mimpi saya itu saya mengucapkan la illa ha illallah sampai 3X, jadi burung tersebut masih terbaaaang saja, sambil muter-muter, ustadz, tapi begitu saya mengucap la illa ha illallah, muhammadarrosulullah, burung tersebut mengarah ke saya dan dengan mudah langsung bisa saya tangkap ustadz. Saya langsung terbangun, saya menangis, dan saya melihat jam 4 tepat, berkenan ustadz bisa menafsirkan mimpi ini.

Komentar Ali: saya merinding mendengarnya😀

Jawaban ustadz Abi:

Wallohualam. Hanya sekedar sebuah harapan dan doa. InsyaAllah kita juga, mengharapkan masalah ini, dari mimpi yang ada, wallohu alam, yang pertama yang ingin saya sampaikan, wallohu alam, mengatakan bahwa beliau Nabi berkhotbah di Arofah, tapi insyaAllah beliau dalam keadaan husnul khotimah, bisa mengatakan La illahaillallah Muhammadarosulullah menjelang kematiannya, kita pun InsyaAllah akan seperti itu. Allohumarzuqnasy syahadah, Allohumarzuqnasy syahadah, Allohumarzuqnasy syahadah. Semoga Allah memberikan kepada kita wafat yang husnul khotimah pada Allah subhanahu wata ‘ala. Amin ya robbal alamin.

Komentar Ali: Jadi burung disini kita ibaratkan malaikan izrail..

Kata Abi:  wallahu alam…

Kesimpulan

Alhamdulillah kita sudah sampai dipenghujung pada acara kesempatan kali ini, mimpi adalah merupakan hal yang sangat luar biasa, banyak sekali nasehat-nasehat yang bisa kita dapat dari mimpi. Nah Abi, kadang-kadang memang orang istilahnya dinasehati sama si A, si B, si C, orang tua, adek, susah bangets, ternyata dalam kesimpulan ini Ali ingin mengambil kesimpulan, bener engga c kalau misalnya mimpi itu bisa menyentuh hati kita, atau istilahnya bisa jadi nasehat buat kita.

Kata ustadz Abi, Bismillahirrohmanirrohim. Sejauh ini pengalaman yang saya lihat ada orang berjilbab karena mimpi, ada orang yang menjadi mencari-cari orang tuanya karena sudah lama tidak berjumpa, akhirnya dia kejar orang tuanya karena mimpi, subhanalloh, belum lama ini ada saya bermimpi, saya main layang-layang, ternyata begitu saya pulang, dengan sendirinya layang-layang itu ada di depan genteng atap rumahnya, saya hanya mengatakan, “..Asep terlalu lama meninggalkan orang tua anda, sementara orang tua anda merindukan anda..,” langsung dia, balik langsung ketempatnya, jauh dari kesibukan daerah Jawa, banyak sekali mimpi menjadikan sebuah nasehat. Alhamdulillah. Subhanalloh istilahnya banyak sekali, banyak sekali, mimpi menjadikan sebuah nasehat kepada kita.

Thanks to: Program “Assalamu’alaikum Ustad” di RCTI, tayang 9 Mei 2011, tayang jam 04:00 sampai 04:30, oleh Ustadz Abi Makki, dipandu Ali Zaenal, Tema: “Tabir Mimpi”

6 thoughts on “Am I Addicted to watching “Assalamu ‘alaikum Ustad” ? ^_*

  1. Asalamualaikum….Mohon Di Bnatu pertanyaan sya ya pak ustad..sya prnh bermimpi dandidalam mimpi itu saya tlh mnikah dan dlm keadaan hamil 8 mnjlang 9 bulan ..saya tdk tw prses nikahnya hanya sj dlm mimpi itu sya mndptkan suami yg tampan sxli dy perhatian s xli kpda sya dy elus2 perut sya kami terlihat sngd bhagia sxli pak..mohon di jelaskan pak dan 1 Lagi muv Qlu kbanyakan..sya pernh bermimpi ayah sy mninggal dan d dalam mimpi itu pra tetangga hanya sdikit s’xli y9 mlayat sunnguh sy sdh pdhl ayah saya orng y9 pling netral dan murah hati di lingkungan rmah..tapi y9 mbuat sy snag..ada sklompok orng berpaiakan sperti orang arab dan berjenggot dtng mlayat dan mngantar jnzah smpai kepemkaman padahal kmi tak mngnalnya…tolong ya ustad di blz…terima kasih wasalam…

  2. Assalamu’alaikum. Pak ustad saya mau tanya, semalam saya bermimpi ada seorang wanita non muslim menikah dengan pria muslim. terus saya juga mimpi menyelamatkan seorang wanita dimana wanita tersebut saya kenal, dia teman lama saya. mohon penjelasannya ustad. terimakasih……

    • @susi:.. wa alaikumusalam wr wb…dicoba saja sekali lagi, klo ksulitan,mungkin bisa via fax aja ke 0215309333. Di bln Romadhon nanti mnrt info dr pesan berjalan di RCTI, tema Tabir Mimpi akan tayang tiap jam 02:00 loh😉 .
      .makasih udah brkunjung😉

Komentar ditutup.