Deg-deg-an saat bikin SKCK ^_*

“Dalam proses pengurusan SKCK yang bersangkutan wajib hadir.”

Hmmmm… musim daftar2 yaw? 😀 bikin SKCK juga dunk… Hmmmmmmm…hari Sabtu jadi targetnya, karena hari-hari lainnya susah buat keluar.. yaw gitu dweh.. 😉 untung sampai Polres jam bikin SKCK di hari Sabtu tertulis jam 8:00-11:00, aku sampai sana sekitar jam 9 pagi… cukup sepi hanya 4 orang yang barengan…

Deg-deg-an jadinya, soalnya setelah membaca syarat-syarat bikin SKCK cukup rumit, sedangkan aku hanya bawa ini niey:

  • foto kopi KTP,
  • foto kopi SKCK lama yang udah kadaluwarsa (kadaluwarsa 9 bulan),
  • foto 4X6 berwarna 4 lembar …… 😉

kebayang bakalan disuruh pulang buat lengkapin dulu, ditambah kebayang dweh malesnya pulang dengan tangan hampa 😦

Coba bandingkan yang tertempel di loket kaca sebagai syarat2 bikin SKCK (**kalo engga salah c xxixi):

  • Foto kopi KTP
  • Foto kopi KK
  • Foto kopi Akta KelahiraN
  • Surat Keterangan dari Kepala Desa/Lurah
  • Foto kopi skck sebelumnya
  • Foto berwarna 4X6 berwarna 2 lembar

Hmmm .. kayaknya itu dweh yang tertempel di kaca loket khusus buat nyari skck.

Wajahku yang manyun penuh kekhawatiran, berubah seketika jadi senyam-senyum sendiri… 😀 ..

Ternyata aku bisa bawa pulang SKCK baru berikut foto kopi legalisirnya hari ini.. 😀

Kok bisa? Aku sendiri juga engga taw, begitu aku serahkan berkas yang aku bawa itu, fotoku dibalikin 2 lembar (kebanyakan), dan dengan berkas-berkas limited tadi, udah bisa buat bikin SKCK yang baru, Alhamdulillah kalo begitu…. 😀

Bayar engga?, ya bayar lah… tapi jangan keburu suudzon, karena di loket kaca itu ada dasar hukumnya… xixixixi.. weee e beneran .. check it out 😉

Jadi bayarnya Rp 10.000,- buat administrasi, truz kalau maw legalisir, foto kopi sendiri, truz balik lagi ke loket tadi buat dilegalisir, udah engga bayar lagi 😉

Tadi sempat barengan juga sama orang yang belum pernah bikin skck sebelumnya, dia harus sidik jari dulu.

Iseng2 mengamati skck yang sekarang beda dengan skck setahun yang lalu loh.. apaan tuh?

  • Yang paling menonjol ada “in English”-nya, misalnya SKCK diikuti terjemahannya “POLICE RECORD”, dan seterusnya.
  • Masa berlakunya juga lumayan lebih lama, kalau setahun yang lalu hanya berlaku untuk “3 bulan” kedepan, sekarang berlaku sampai “6 bulan kedepan”.

Hmmm, untuk mendapatkan SKCK ini mungkin ada di tempat lain yang lebih detail lagi, soalnya ada cerita dari temanku sebelumnya, kalau syarat2 itu harus dipenuhin semuanya, termasuk foto background-nya harus “merah”, ada lagi temanku yang lain, kalau bikin SKCK bisa diwakilkan, nah loh… aku c engga percaya, abiznya tadi ada warningnya kalau “Dalam proses pengurusan SKCK yang bersangkutan wajib hadir”, dan lagi ada acara tanda tangan juga di depan personel sat intelkam-nya, gimana maw diwakilkan coba?

Yang jelas, tentang ada “in English”-nya di SKCK bisa nambah vocabulary dweh.. hehehe 😉 check it out

——————————————————————————————————————————————

SKCK= police record

Nationality= kebangsaan

Present address= tempat tinggal sekarang

Identity Number= nomor kartu tanda penduduk

Fingerprints Formula= rumus sidik jari

The statement of the village/suburb= surat keterangan dari kepala desa / lurah

No record of the person content have involved in any criminal activity=orang tersebut tidak tercatat maupun terlibat dalam tindak pidana

This certivicate is made at the request to the applicant for the purpose= Keterangan ini diberikan berhubungan dengan permohonan untuk keperluan/menuju

——————————————————————————————————————————————

SKCK ini ditandatangani oleh Kepala Satuan Intelkam. Kalau generasi doeloe SKCK ini namanya SKKB (Surat Keterangan Berkelakuan Baik)… dari tadi ngomongin SKCK melulu, memang apaan singkatan SKCK?… yak betulll sekali SURAT KETERANGAN CATATAN KEPOLISIAN 😉

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s