“Mutmainnah” itu pilihan istri paling mantap ^_*

Nungguin imsak .. ngapain? Kali niey aku ngikutin acaranya TVOne…Ini ada contekannya ceramah UJ di Damai Indonesiaku, temanya kali ini “Mencari Berkah Pernikahan”, by Ustadz Jefri Al Bukhori, kali ini dengan pembawa acara Ferry Ardiansyah. Tayang tanggal 26 Agustus 2010, jam 04:00 pagi. Yuuuuk… ^_^
Masih ngomongin soal nikah. Nikah itu artinya apa c? “Nun”-nya adalah niat, “kaf” artinya kaifiyah “Ha”-nya artinya hikmah itu adalah nikah 😉
Biasanya dalam pernikahan itu istri ada suami , istri artinya apa?

  • ‘i” artinya indah apabila dipandang mata, ini sesuai dengan hadist Rasul yang: “Sebaik-baik perempuan adalah ketika dilihat oleh suaminya wajahnya m e n y e n a ng k a n”. Ada duit engga ada duit, tetap menyenangkan.
  • Kemudian “s” nya apa? Sabar, kalau istri tidak bermodalkan sabar, susah , karena segala-galanya pasti nanti akan dijadikan pada istri , bukan suami, suami mah hanya kerja keras, di luar nyari uang, ujung-ujungnya dititipin sama istri. Nah, ketika terima setoran harus sabar. Kalau bicara setoran tidak bicara besar, tapi bicara berkah.
  • “t” nya apa? ‘t” nya taat. Kenapa kok “t”-nya taat? Ya udahlah bicara masing-masing mengerti porsinya, kalau anak-anak mengertinya surganya ada di siapa? Ibu dan Bapaknya. Ibumu adalah surgamu, dan ayahmu adalah jembatan menuju kepadanya. Jadi jangan dilupain bapak. Sekali lagi, Ibumu adalah surgamu, dan ayahmu adalah jembatan menuju kepada ibu. Nah, surganya istri ada pada suami, jadi jangan dilupain.
  • “R”-nya apa? Rahmat, kasih sayang. Kalau dalam suatu rumah tangga tak ada kasih sayang, repot, ingat terminal rumah tangga itu adalah sakinah, bagaimana akan masuk dalam ruang lingkup mawadah wa rohmah, kalau tidak mengenal sakinah. Makanya saya terus terang aja, saya ingin punya “istri 4”. Buka Qur’an -dunk…… Dalam Qur’an Surat Annisa’ (ayat 3)“Nikahilah perempuan yang kamu suka, 3 atau 4, kalau kamu takut tidak bisa berbuat adil, cukup 1.” Sebenarnya ini Allah menantang manusia, masak kamu tidak bisa berbuata adil? 😀 Yang dimaksud istri 4 ini apa? Yang pertama Sakinah, yang kedua Mawadah, dan yang ketiga Warohmah, yang keempat Mutmainah. Kenapa Mutmainah? Ya karena engga dapet maimunah 😀 .. Mutmainah itu diatas segala-galanya loh. Dalam Q. S. Al Fajr (ayat 27 – 30). –Yaaa ayatuhannnafsulmutmainnah—irjiii ilaa robbiki rooodziyatam mardziyah –fadkhulli fi’ibadi—wadzkhulii jannati— Yang diperintahkan yang masuk menjadi hamba Allah, dan masuk dalam surga Allah. Siapa? Yang mutmainah, Jadi Mutmainah itu pilihan istri paling mantap.

Jadi maksudnya adalah itu, udahlah kalau perempuan mah gampang, belajar kitab Adabul Mar’ah, selesai, udah belajar belum? Waah..itu perempuan itu harus belajar, serius, ’kan ada kitab Adabul Insan lil Islam, itu secara keseluruhan manusia, tapi buat perempuan secara khusus ada kitab namanya Adabul Mar’ah, belajar, nanti paham, Mar’ah itu seperti apa. Kalau sudah mempelajari itu, luar biasa. Jadi semua adalah kesenangan dan kesenangan, susah tetap senang, menderita tetap senang, apapun yang terjadi tetap senang. Jadi jangan sedih, ibu bapaknya pisah, engga usah sedih, kalau engga pisah hidup, ya pisah mati ‘kan sama saja, mereka pisah juga. Yang penting bila ayah ibu kita pisah, kita yang harus belajar, bagaimana caranya Jangan sedih, masih ada yang lebih susah dari kita. Kalau kita merasa susah, masih ada yang lebih susah.

Sebagai kesimpulan sederhana, seandainya seorang suami dan istri memahami hak dan kewajibannya masing-masing, insyaAllah akan tercipta keluarga yang namanya Sakinah, mawadah, warohmah. UJ bicara seperti ini bukan berarti sudah bisa, belum , masih belajar.  Masih ada emosi, masih ada ego , masih ada segala-galanya yang buruk dalam rumah tangga itu,  mungkin dengan ini insyaAllah kita semua sama-sama berusaha untuk bisa saling memperbaiki satu sama lain. Sekali lagi UJ sampaikan, kamu cintailah orang yang bisa mendatangkan kecintaan kepada Allah, yang kedua nikahilah kekurangannya, jangan kelebihannya, lalu luruskan niat maw dijadikan apa, kalau memang ini adalah sebuah perkara ibadah, maka insyaAllah ini akan menjadi paralel kebaikan pahala yang besar dunia dan akhirat. Seandainya ada sebuah masalah  dalam rumah tangga, yakinlah bahwa semua itu datang dari Allah, sebagai sebuah bentuk ujian, ketika kita merasa beriman, sudah pasti harus siap diuji.

Thanks to: TVOne, program Damai Indonesiaku, tayang 26 Agustus 2010, jam 04:00, by Ustadz Jefri Al Bukhori, dipandu Ferry Ardiansyah.

Iklan

10 thoughts on ““Mutmainnah” itu pilihan istri paling mantap ^_*

    • @dewi saroh: … terima kasih atas koreksinya, …. setelah saya cek ulang recording saya, ternyata saat itu “I” yang terakhir dari kata “istri” tidak dijabarkan oleh ustadz Jefri.

      terima kasih udah berkunjung 😉
      Salam 😉

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s