Suatu pagi, diseberang kantor pos besar….

Halaman Monumen Serangan Umum 1 Maret

Halaman Monumen Serangan Umum 1 Maret

Pagi ini sebelum ke kantor, aku beli matere dulu di kantor pos besar Jogja, karena kemarin pagi aku udah ada disini namun matere habis. Kali ini aku tak harus di loket 7 lagi, di loket sebelahnya pun bisa dilayani. Sebenarnya kemarin itu aku udah sengaja datang pagi, namun ternyata ada yang lebih pagi dari aku yang memborong matere. Hehehehe.. asal engga jadi cewe matere aja….

Selesai beli matere, aku langsung seberangi zebra cross menuju utara jalan kantor besar, di kawasan 0 kilometer, tepat di sebelah pagar besi hijau berujung tombak berwarna kuning, model pagar yang banyak ditemui di Jogja. Saat itu ternyata dibalik pagar yang merupakan Monumen Serangan Umum 1 Maret sudah mulai ada kegiatan bersih-bersih di sekeliling monumen, karena memang lokasi ini sering digunakan sebagai panggung berbagai macam acara. Memang c kalau dicermati akan terlihat ada beberapa lobang bekas tegel persegi yang terlepas dari tempatnya bahkan kalau mau mencermati lagi walau ada lobang tegel yang diusahakan tertutupi lagi oleh tegel warna senada, namun jadinya engga sama persis (*tegel warna baru dan lama terlihat kontras, atau memang jenis tegel engga diproduksi lagi. 😉 )….

Bukannya aku engga setuju dengan berbagai acara yang dilatar belakang-i Monumen Serangan Umum 1 Maret itu, karena aku pikir orang-orang akan lebih mengenal monumen itu, bahwa dulu pernah terjadi peristiwa yang sangat bersejarah di Jogja. Namun aku mengkhawatirkan perawatan monumen itu akan membutuhkan perhatian ekstra, misalnya aku tadi hanya mengkhawatirkan dari beberapa lobang lantai yang tentu saja disebabkan oleh para pengunjung yang datang. Boleh jadi yang lain juga butuh sentuhan ekstra, dari patung-patungnya mungkin.

Yang jelas, pagi itu aku salut dengan kegiatan bersih-bersih lantai di kawasan Monumen Serangan Umum 1 Maret. Jadi lega rasanya, semoga monumen itu akan tetap terjaga……

Tinggalkan Balasan

