Tutup kedua telingamu… saat kilat datang.. ^_^

Ngeri banget … sore itu posisi aku udah di rumah, lah tapi petir menggelegar, kalau dengar ibu ku cerita c… ini adalah mangsa kasanga.. jadi yaaa..memang petir sambar menyambar… mangsa kasanga itu adalah salah satu musim di pranata mangsa, yaitu suatu pedoman musim dalam penentuan awal musim tanam di kalangan petani dan penentuan pedoman penangkapan ikan di kalangan nelayan. Mangsa kasanga (wedharing wacana) atau musim kesembilan itu selama 25 hari dari tanggal 1 Maret 2010 sampai 25 Maret 2010, jadi jangan heran jika hujan diluar diselingi oleh petir sahut-menyahut …😀 ..

Jika kilat datang aku biasanya segera menutup kedua telingaku, karena sebentar lagi pasti akan terdengar petir. Petir itu di dahului dengan kilat dulu, dan sebenarnya kita bisa memperkirakan jarak kilat dengan kita. Kecepatan cahaya (kilat) lebih cepat daripada suara (petir)…. rata-rata sekitar 1 mile setiap 5 detik (1 mile=1,09 kilometer), contohnya bila kita melihat kilat 10 detik sebelum terdengar petir, maka petir itu berjarak 2 miles dari kita (10 dibagi 5 sama dengan 2 miles), demikian seterusnya, …. pokoknya dibagi 5 itulah jarak petir dengan kita😀 …… Kilat ditetapkan berbahaya bila kita melihat kilat 30 detik atau kurang sebelum terdengar petir.

Tips aman menghadapi petir

  • 1. Plan. Rencanakan evakuasi dan tindakan penyelamatan. Pertama melihat adanya kilat atau mendengar petir, segera jalankan rencana keadaan darurat. Saatnya untuk menuju bangunan atau kendaraan. Kilat biasanya didahului dengan hujan, maka jangan menunggu selesai hujan untuk menjalankan aktifitas penyelamatan.

    2. If Outdoors. Jika sedang di luar ruangan,

    • hindari: air, tanah permukaan tinggi, ruang terbuka, semua barang berbahan logam termasuk kabel, pagar, mesin, motor, sumber arus listrik, dan lain-lain.
    • hindari tempat: termasuk di bawah kanopi, small picnic, atau rain shelter, atau di dekat pepohonan.
    • Bila memungkinkan cari tempat berlindung di dalam bangunan atau di dalam kendaraan berbahan logam seperti mobil, truck, atau van dengan jendela yang bisa tertutup rapat.
    • Bila kilat menyambar terus menerus sedangkan kita berada di luar ruangan, kita harus:
    • Crouch down. Lakukan gerakan merunduk, satukan kedua kaki, tutup telinga dengan kedua tangan untuk meminimalkan kerusakan pendengaran dari petir.
    • Avoid proximity. Beri jarak antara orang 15 feet (15 feet = 4,572 meter), jangan bergerombol.
  • 3. If indoors. Jika sedang di dalam ruangan. Hindari air, jauhi pintu dan jendela, jangan gunakan telepon, matikan head set, matikan dan cabut peralatan elektronik seperti komputer, sumber listrik, dan TV. Kilat bisa menyambar peralatan listrik dan kabel telepon, menyebabkan hubungan pendek di dalam peralatan elektronik.

    4. Suspend activities. Hentikan aktifitas selama 30 menit setelah muncul kilat atau petir.

    5. Injures persons. Orang yang tersambar petir tidak membawa muatan listrik dan aman untuk dipegang.

    6. Know your emergency telephone numbers. Selalu catat nomor telepon darurat.

    Jangan sepelekan petir …. walau engga ada tempat yang paling aman untuk kita berlindung … engga ada salahnya kita tetap waspada, tidak mengulang kasus yang pernah terjadi…. menutup kedua telinga ternyata engga cukup … ^_^

    Thanks to:
    http://www.lightningsafety.com/nlsi_pls.html
    http://www.drdaveanddee.com/lightening.html

    2 thoughts on “Tutup kedua telingamu… saat kilat datang.. ^_^

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s