… di atas stalaktit … great !!!! ^_^

Hari pertamaku di Januari 2010, aku diajak ketempat yang sebelumnya aku belum pernah ke sana. Namanya “Lembah Karst” penduduk sekitar menyebutnya sebagai “ngingrong”, suatu “obyek wisata minat khusus” ..begitu kata penunjuk jalannya… sekali-sekali tak ada salahnya dolan-dolan ke tempat yang sedikit berbau ilmiah … ^_^

ke lembah karst ^_^

Lokasi lumayan mudah di jangkau… ada pertigaan yang kalau kita lurus menuju pantai Baron, Kukup, dan Krakal, naaa..kalau kita ambil ke kiri itulah arah menuju lembah karst…

Sampai di lokasi, sebenarnya tak menampakkan sebagai obyek wisata, karena masuk gratis….😀 .. kalau parkir mungkin bayar….😀 … namun tetap ada yang jual makanan dan minuman misalnya dawet ayu dan makanan lainnya….

lembah karst lebih dekat ^_^

Ternyata… sekali lirikan ke arah kanan, langsung disuguhi dengan pemandangan yang bikin terdiam sesaat ..apakah ini indah ataukah ini bikin takut…loh kok bisa?…. ^_ ^ Sederetan lembah indah terhampar di depan mata, namun begitu mendekat… ada jurang menganga, dibatasi pagar bambu disekelilingnya…………..kalau yang sebelah kanan sekitar jarak 300 meter dari lembah yang kiri ada lobang besar menganga dan di kedalaman lobang itulah aku bisa lihat jelas stalaktit dan stalakmit…

Kalau yang pernah ke sana…mungkin ini biasa aja, namun bagiku ini adalah fenomena alam, jadi penasaran secara ilmu geologi seperti apa….???.. Ciecie….😀


Karst merupakan salah satu bentukan di permukaan bumi……dan adanya karst ini menunjukkan bahwa tempat itu pernah menjadi dasar laut, namun kemudian terangkat dan mengalami pengerasan, biasanya berbukit-bukit dengan banyak gua, dan di dalam gua itu terdapat stalaktit dan stalakmit….😀.. (****sampai lidah kelu ngomong stalaktit dan stalakmit…. )..

Tentang stalaktit dan stalakmit …sering pada kebalik antara stalaktit dan stalakmit…😀 … Kemaren saat aku bikin status ..”di atas stalaktit..great..!!!”… malah ada yang beri comment …”awas loh nanti kejatuhan stalakmit”…… hehehhehe….yaaaa mana mungkin… stalakmit itu pasangan dari stalaktit yang ada di lantai gua, hasil dari tetesan air dari langit-langit gua…😉 ..

stalaktit dan stalakmit di lembah karst 'ngingrong' ^_^


Baru bener kalau yang dimaksud temanku itu stalaktit yang terbentuk dari tetesan air atap gua yang mengandung CaCO3, mengkristal, lama-lama endapan menebal dan membentuk kerucut yang terlihat menggantung di langit-langit gua…………Kalau pertemuan antara stalaktit dan stalakmit itu disebut tiang (collum) ……………

Lembah karst itu mungkin memang di masa lalu adalah laut…………dan posisi Q saat itu bisa di atas stalaktit nya…. great!!??…. Jadi otomatis tak takut kejatuhan stalakmit……. Kan stalakmit ada di bawah…… :D…

Thanks to:
http://id.wikipedia.org/wiki/Karst
http://www.e-dukasi.net/pengpop/pp_full.php?ppid=188&fname=hal3.htm

3 thoughts on “… di atas stalaktit … great !!!! ^_^

Tinggalkan Balasan

