…perlu gag c kelinci mandi…? ^_^

Sepupu kecil Q kemaren2 dulu…sore2 pula… niey k rumah… sama om dan bulik… dy bilang kelinci y dy punya telinga ny jadi gag keruan jelek ny…karena sakit maksud ny… Setelah Q tanya apakah abizz d mandikan?..Kata bulik Q iya…padahal sebelum d mandiin..telinga ny malah baek2 aj.. ^_^…. yaaa sementara kata Q..karena bilas ny setelah d mandiin belom bersih bener..jadi ny malah bikin telinga kelinci ny sakit….ehhh..bener gag c..???

Kelinci merupakan tipe hewan y bersih, dan menghabiskan sebagian besar waktuny untuk membersihkan diri ny sendiri. Artiny mereka sebenarny tidak perlu mandi, hanya dengan menyikati bulu ny secara teratur dapat menjaga buluny pada keadaan y baik dan membantuny mencegah bulu y kusut……jadi… kelinci itu klo gag darurat bangets gag d sarankan d mandiin…. yaaa tau sendiri kelnci…. d taruh d t4 licin aj dah grogi duluan…. (**malah nyalahin kelnci…^_^)….

Ada alasanny kenapa kelinci lebih baek jangan terlalu sering d mandikan:

  • memandikan kelinci sangat tidak disarankan karena stress akibat dmandikan dapat menyebabkan permasalahan kesehatan y serius, dan dalam beberapa kasus dapat mengakibatkan kematian. (**kekecualian untuktujuan flea bath ato dips).
  • jangan pernah—kecuali dokter hewan menganjurkanny untuk tujuan menurunkan demam—y mengharuskan kelinci y sedang sakit untuk d mandikan. Sebab banyak kelinci y sehat mempunyai masalah y tak terdiagnosis, hal y terbaik adalah tdak memprioritaskan untuk d mandikan karena akan membuat ny stress.
  • Jika kelinci terdapat parasit tungau, ada alternatif untuk mengontrol parasit itu (tanpa harus memandikanny):

  • usapkan daerah y kotor dengan application of baby cornstarch (jangan gunakan talc, karena bersifat karsinogenik)
  • secara perlahan sisir bulu ny kotor dengan sisir, akan lebih baik daripada memandikanny
  • kotoran d telinga dapat d angkat dengan a cooton swab, hati2 jangan menekanny terlalu ke dalam saluran telinga, atau dapat d coba pembersih y mengandung Chlorhexadine, seperti Novalsan Otic. Untuk gangguan parasit tungau pada telinga, gunakan a topical medication seperti Mitox. Dokter hewan sering juga meresepkan Ivermectin.
  • Kelinci jika terpaksa d mandikan akan:

  • membutuhkan waktu lama untuk mengeringkan buluny
  • kelinci y basah akan cepat menjadi hypothermic. Jika kelinci harus d basahi karena suatu alasan, pastikan segera mengeringkanny dengan alat pengering sampai kering. Rata2 suhu normal untuk kelinci adalah 101 o F-103o F.
  • karena kulit kelinci sangat lembut, dan kelinci sangat sensitive dengan panas, jangan pernah gunakan alat pengering bulu dengan setting lebih tinggi dari “warm”, dan secara konstan awasi suhu udara pada kulit kelinci dengan meraba kulitnya dengan tangan.
  • Nah…sepupu kecil Q….pa kabar kelinci mu hari ini semoga dah sehat yaaa…. jangan terlalu sering dimandikan….. dy bisa sedikit stress bila d mandikan….OK???

    Thanks to:

    http://www.rabbit.org/faq/sections/groom.html

    Iklan

    2 thoughts on “…perlu gag c kelinci mandi…? ^_^

    Tinggalkan Balasan

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s