Just for my nephews: Tentang Allosaurus, Brontosaurus, dan Colonosaurus ….^_^

Ditanyain ma keponakan Q setelah kesekian kaliny dy liat iklan d TV tentang Allosaurus, Brontosaurus, dan Colonosaurus…. y ditanyain …klo dibilang Brontosaurus itu pemakan sayur truzz y dua laenny pemakan apa dunk…..waawww..Tina gag tau niey…. Jadi mumpung dy masi liburan d sini…liat aja contekanny..dijamin ngerasa jadi lebi pinter dari dy dech…^_^ ..Masa c d tanyain ma keponakan Q gag bisa jawab..wah2 gag bangets….

Allosaurus

Secara fisik

  • Merupakan dinosaurus carnivora y berukuran raksasa y berjalan dengan 2 kaki dan mempunyai 2 tangan di depan badanny. Dinosaurus ini dapat berkembang sampai 12 meter panjang (38 feet), tinggi 5 meter (16,5 feet), berat mencapai 1,4 ton (3.086 lbs)! Dinosaurus ini mempunyai kepala y sangat panjang yaitu 90 cm (3 ft), dengan 5-10 cm gigi. Tidak seperti dinosaurus laen pd zaman y sama. Dan karenany kata Allosaurus berarti “different lizard”, family theropod (artiny “beast foot”), bipedal, mempunyai 2 mahkota d atas mata ny y mungkin digunakan dalam mating display. Lebih lengkapny bisa d klik disini

    Makanan dan cara makan

  • Allosaurus berburu mangsa dalam kelompok kecil. Bahkan dy memakan Apatosaurus walo ukuran Apatosaurus 3 kali lebih besar daripada dy. Dy juga suka memangsa Stegosaurus, dan Iguanodont seperti Campusaurus.
  • Allosaurus y masi bayi memakan serangga seperti Dragonflies dan Centipedes, dan hewan2 kecil laenny. Saat berumur 2 tahun Allosaurus telah bisa memangsa dinosaurus kecil (Othnielia, Dryosaurus, dll).
  • Gigi Allosaurus tipis dan berderet diciptakan bukan untuk menghancurkan tulang tetapi untuk memotong daging ny. Kadang Allosaurus masih meninggalkan daging pada tulang y nantiny akan d makan oleh predator lainny seperti Ornithelestes.
  • Kapan hidup?

  • Allosaurus hidup pd masa Mesozoic. Dy hidup pd periode akhir periode Jurassic, antara 154-115 juta tahun lalu.
  • Allosaurus hidup d daerah y pada masa sekarang adalah USA dan Portugal. Penemuan terbesar d Colorado oleh M.P. Felch y menemukan hampir sempurna semua tulang Allosaurus. Juga dtemukan di Afrika, y terhubung dengan daratan pada waktu itu dengan Amerika Utara. 40 Allosaurus juga dtemukan d Utah y diantarany berhungan dengan Allosaurus y hidup d Asia.
  • Brontosaurus

    Brontosaurus secara fisik

  • Brontosaurus y arti dalam bahasa Yunani adalah “thunder lizard” merupakan salah satu dinosaurus y sangat terkenal. Tapi sebenarny tidak ada dinosaurus y bernama Brontosaurus. Termasuk dinosaurus y paling besar y pernah ada. Dy dapat tumbuh sampai lebih dari 80 feet panjang dan berat mencapai 35 ton. Dikenal mempunyai leher y panjang y sangat berguna untuk memakan dedaunan pohon dan semak2. Kepala ny sangat kecil dan merupakan dinosaurus y mempunyai otak y paling kecil. Mata dan nostril terletak d bagian atas kepala. Dengan kepala kecil dan berhubungan dengan mulut y kecil, Brontosaurus dapat menghabiskan waktu lama saat makan untuk mencukupi kebutuhan energi ny dari tumbuh2an untuk mempertahankan hidupny. Brontosaurus hidup d jaman Jurassic Period sekitar 150 juta tahun y lalu. Fossil ny ditemukan d Western North American d Utah, Colorado, dan Wyoming. Lebih lengkapny bisa d klik disini.
  • Salah pasang tulang

  • Di waktu lampau tahun 1874 Dr. Othniel Charles Marsh (paleontologist)menemukan 4 kaki dinosaurus dengan leher panjang. Tulang2 ditemukan oleh O.C. Marsh masih merupakan tulang2 y paling lengkap y pernah d temukan. Dy memutuskan untuk memberiny nama Apatosaurus y berarti deceptive lizard. Beberapa waktu kemudian ilmuan tersebut menemukan dinosaurus y lebih besar lagi dengan tipe y sama. Karena tulang belakangny nampakny berbeda dy memutuskan bahwa itu merupakan jenis dinosaurus y berbeda. Dinosaurus berukuran raksasa itu diputuskan diberi nama Brontosaurus.
  • Saat para ahli meneliti tulang2 tersebut d kemudian hari, mereka yakin bahwa Apatosaurus adalah hewan y sama dengan Brontosaurus. Para ilmuan menggunakan nama y pertama kali diberikan pada hewan tersebut, akhirny mereka memutuskan untuk mengganti nama Brontosaurus menjadi Apatosaurus, sebab nama Apatosaurus diberikan pertama. Sekarang para ahli mengetahui bahwa tulang belakang Apatosaurus tumbuh dan lama2 hewan menjadi berukuran raksasa. Inilah sebabny mengapa tulang belakang diubah saat Dr. Marsh berpendapat bahwa keduany adalah hewan y berbeda. Dapat d klik disini
  • The Brontosaurus as Marsh envisioned him wrong head, wrong name, wrong lifestyle. @Copyright Lee Krystek, 2002.--http://www.unmuseum.org/dinobront.htm

    Dr. Marsh telah membuat Brontosaurus sangat terkenal. Dy untuk pertama kaliny meletakkan tulang dinosaurus secara keseluruhan d display d museum agar semua orang bisa melihatny. Tulang2 dy pamerkan adalah tulang2 Brontosaurus dan Brontosaurus menjadi sangat terkenal. Dr. Marsh juga membuat kesalahan lain tentang Brontosaurus. Disaat dy meletakkan tulang brontosaurus supaya bertaut, ada beberapa tulang hilang, bahkan tulang tengkorakny. Dy menggunakan tulang2 dari penggalian tulang dinosaurus lainny y dy pikir itu punya Brontosaurus. Dy tiba2 meletakkan kepala dari dinosaurus y bernama Camarasaurus ke badan dari Apatosaurus. Dy juga berpikir bahwa Brontosaurus mempunyai kebiasaan hidup terutama d air. Dan ini adalah kesalahan y lain!! Fossil tulang Apatosaurus y ditemukan para ilmuan tidak berasal dari tanah berawa2.

  • The Brontosaurus-Apatosaurus liked dry floodplains, not swamps, as once thought. @Copyright Lee Krystek, 2002--http://www.unmuseum.org/dinobront.htm

    Membutuhkan hampir 100 tahun (tahun 1003) setelah Brontosaurus pertama kali dberi nama, ada 2 orang ilmuan bernama Jack McIntosh dari Wesleyan University dan David Bermanbase dari Museum Carnegie, menemukan kesalahan tersebut, dan meletakkan kepala y benar pada badan y sebenarny pd akhirny!

  • Selama 4 tahun berita tentang kesalahan itu hanya diketahui oleh komunitas ilmuan. Nama Brontosaurus masih tetap d biarkan tampil d label museum. Nama itu secara formal dihilangkan dari catatan paleontology sampai dengan tahun 1974.
  • Ribut2 salah nama

  • Berita buruk tentang Brontosaurus, ternyata tidak d perhatikan oleh U.S. Post Office y mengeluarkan 4 perangko dinosaurus pada tahun 1989; Tyrannosaurus, Stegosaurus, Pterandon—dan Brontosaurus. Masyarakat protes karena merasa tersakiti hatiny. Pihak kantor pos dituduh dengan tuduhan “fostering scientitic illiteracy” (bisa diterjemahkan sebagai y tidak tahu tentang perkembangan tentang ilmu pengetahuan).
  • Steven Jay Gould, penulis tetang biologi menegaskan dalam essay ny y berjudul Bully for Brontosaurus y ditulis dalam Natural History magazine menerangkan tentang kata2: Brontosaurus dan Apatosaurus hanya berbeda nama untuk 1 dinosaurus y sama.
  • In 1903 Elmer Rigg, seorang ilmuan y dengan inti sama menulis “As the term ‘Apatosaurus’ has priority, ‘Brontosaurus’ will be regarded as a synonym.” (bisa diterjemahkan Walo Apatosaurus merupakan prioritas, namun Brontosaurus diperbolehkan sebagai sinonim.) Biasany, prioritas akan diberikan pada nama y diberikan pertama kali, walo nama Brontosaurus jelas2 lebih popular.
  • Colonosaurus

    Ganti-ganti nama
    Awalny Marsh mengidentifikasi suatu rahang bergigi sebagai ciri dari reptile kecil bernama Colonosaurus, “stunted lizard”. Marsh (1872) dalam sebuah tulisanny mendeskripsikan dan memberi nama satu species baru marine reptile: Colonosaurus Mudgei. Lebih lengkapny bisa d klik disini.

    Ichtyornis dispar (redirected from Colonosaurus)

    Ichtyornis dispar (redirected from Colonosaurus)

    Kemudian pada Januari 1873, Marsh menyadari kekeliruanny dan mempublikasikan tulisan ny y pertama tentang “bird with teeth” (bisa diartikan sebagai unggas bergigi). Bulan Maret 1873 Marsh mendeskripsikan Colosaurus sebagai Ichthyornis. “A bird, about as large as a Pigeon, and differing from all known birds in having teeth and biconcave vertebrae [emphasis by Marsh]. The known remains were found in the Upper Cretaceous shale of Kansas, and are preserved in the collection of Yale College.” (bisa diterjemahkan: Unggas, sebesar burung merpati, dan berbeda dari semua unggas y pernah dketahui, karena mempunyai gigi dan mempunyai biconcave vertebrae (ditekankan oleh Marsh). Jejak2 tersebut diketemukan d serpihan Upper Cretaceous Kansas, dan d awetkan sebagai koleksi d Yale College.).

    Menurut Marsh, genus Ichthyornis memiliki “biconcave vertebrae, from wich fish-like characteristic he name is derived”. Bentuk biconcave vertebrae bertolak belakang dengan bentuk penekanan pada center vertebrae y merupakan karakteristik dari unggas modern, maka nama latin ny menjadi Ichthyornis dispar, DIS-par artiny “tidak sama”. Marsh (Odontornithes, 1880) berpendapat bahwa biconcave vertebrae merupakan evolusi y luar biasa. Bentuk seperti ini terdapat pada Reptile dan Amphibian, terutama karakteristik ikan.

    Kontroversi mengikuti penelitian terbaru

    Kontroversi tentang Ichtyornis y mempunyai gigi direvisi oleh J.T. Gregory (1952) y mengidentifikasi ulang rahang bergigi y pernah d teliti oleh Marsh sebagai juvenile mosasaur (Cilidastes), dan membantah rahang bergigi y bergitu besar tidak seperti pada burung y terbang aktif. Pendapat Gregory lebih dapat dterima, dan kemudian semua ilmuan mengklasifikasi ulang Ichtyornis sebagai unggas y tidak bergigi. Tahun 1967, M. V. Walker melakukan study ulang secara dengan lebih hati2 rahang bergigi y pernah d teliti Marsh, berkesimpulan bahwa rahang tersebut merupakan milik Ichytornis. Walker menemukan partial skeleton lain pada rahang bergigi tersebut. Akhirnya oleh Gingrich (1972), disimpulkan bahwa specimen rahang tersebut diidentifikasi sebagi Hesperornis.. Ichtyornis bukan berarti “fishing bird” y menunjukkan makanan y dimakan.

    Colonosaurus (=Ichtyornis dispar) merupakan piscivore, artiny dy carnivora y hidup dengan memakan ikan. Nama piscivore berasal dari bahasa Latin “piscis” y berarti “ikan”.

    International Code of Zoological Nomenclature (ICZN)

    Dari ketiga dinosaurus itu Brontosaurus dan Colonosaurus mengalami fase penamaan y lumayan berliku2, karena ketentuan dan terminology penamaan dinosaurus mengikuti International Code of Zoological Nomenclature (ICZN). Bisa d klik disini. Teknis terminology y digunakan adalah

  • Junior synonym
  • Nomen nudum
  • Nomen oblitum
  • Preoccupied name
  • Nomen dubium
  • Klo Brontosaurus merupakan “junior synonym” of Apatosaurus sedangkan Colonosaurus merupakan “junior synonym” of bird Icthyornis dispar. Junior synonym disini berarti suatu nama y mendeskripsikan taxon y sama seperti nama y dpublikasikan sebelumny. Jika 2 ato lebih genus secara formal menunjukkan, dan type specimen ditetapkan kemudian sebagai genus y sama, maka y pertama kali d publikasikan (sesuai urutan) adalah senior synonym. Senior synonym akan d gunakan biasany ketika terjadi pengecualian oleh keputusan ICZN, tetapi junior synonym tidak dapat digunakan lagi, walo d protes. Junior synonym seringkali bersifat subjektif, kecuali bila genus mendeskripsikan dua hal berdasarkan pada type specimen y sama.

    Nah…keponakan2 Q y pinter…Allosaurus itu carnivora, truzz memang klo Brontosaurus itu pemakan daun2 an dan dah dganti namany jadi Apatosurus…klo ttg Colonosaurus…dy di namai ulang menjadi Ichtyornis dispar….dy piscivore, yaitu carnivora y makan ikan…..belajar y rajin ya…diikuti juga ma kesopanan ny…y sopan yach….

    Thanks to:

    http://en.wikibooks.org/wiki/Wikijunior:Dinosaurs/Allosaurus
    http://www.unmuseum.org/dinobront.htm
    http://en.wikipedia.org/wiki/Piscivore
    http://paleodb.geology.wisc.edu/cgi-bin/bridge.pl?action=checkTaxonInfo&taxon_no=54877&is_real_user=0
    http://en.wikibooks.org/wiki/Wikijunior:Dinosaurs/Brontosaurus
    http://en.wikipedia.org/wiki/List_of_dinosaurs
    http://www.oceansofkansas.com/Marsh72a.html
    http://www.infoplease.com/spot/brontokids.html