Semangat dunk….di akhir bulan Februari 2009

Ini hari terakhir di bulan Februari..yach kan tahunnya 2009, ga bisa dibagi4, makanya bulan Februari hanya mpe tanggal 28 ajah…kalo y 2008 lalu bulan Februarinya mpe tanggal 29, karena 2008 bisa dibagi 4 ato disebut Tahun kabisat..

Menurut sumber yang aq baca tahun kabisat merupakan sebuah tahun syamsiah yang tidak terdiri dari 365 hari, tetapi 366 hari. Dan lagi satu tahun syamsiah tidak secara persis terdiri dari 365 hari, tetapi 365 hari, 5 jam, 48 menit, dan 45,1814 detik. Jika hal ini tidak dihiraukan, maka setiap 4 tahun akan kekurangan hampir satu hari.

Maka untuk mengkompensasi hari ini setiap 4 tahun sekali (tahun yang bisa dibagi 4), diberi 1 hari extra: 29 Februari. Tetapi karena 5 jam, 48 menit, dan 45,1814 detik kurang dari 6 jam, maka tahun2 y bisa dibagi 100 (seperti tahun 1900), bukan tahun kabisat, kecuali bisa dibagi dengan 400 (seperti tahun 2000). Definisi tahun kabisat seperti ini ada sejak diluncurkannya kalender Gregorian.

Nieh harusnya tutup bulan, tapi jatuh di hari Sabtu q males bangets masuk kantor hari ni…semua kerjaan di handle dari rumah cie..ngomongnya…konfirmasi2..yach pke SMS ato telpon ajah..

Temen q ada juga c yang berangkat hari ini, dy g mau ntar Senin diburu2 dead line…jadi dy nyicil gitu maksudnya…tapi ko aq males yach…abiznya kan libur gitu loh…he2… Mana ada Bazaar komputer di JEC..pengen liat c…tapi mungkin besok ajah x yach….

Tentang data tutup bulan, data yang paling dicari adalah IP kita. IP adalah kependekan dari Indeks Performance. Untuk mengetahui Indeks Performance, kita memakai rumus item yang besar2 di atas, trus dibagi item yang kecil2 dibawah..maksudnya?…Yach kalo kita harapkan dari satu periode pemeliharaan ayam pedaging akan di dapat BW itu harus besar, daya hidup itu harus besar…trus yang kecil2 itu..di umur panen dan FCR..trus di kali 100%..he.he…bingung yach… Engga’ ah simpel aj kok..

Rumus mencari IP

BW x DH
————-x 100%
Umur x FCR

Notes:
IP : Indeks Performance
BW : Body weight (kg)
DH : Daya Hidup (%)
Umur : Umur panen (hari)
FCR : Feed Conversion Ratio/angka konversi pakan, yaitu jumlah pakan yang digunakan untuk menghasilkan 1 kilogram daging.

Itu cuma rumus buat ngitung IP satu periode chick in buat satu peternak ajah… yach..iseng2 cerita2 ajah..ato buat refresh aja… daripada nggosipin orang2 di sekeliling aq..he.he…. soalnya ada ajah saat Tina bilang FCR..malah trus mereka ngomongin..apaan tuch FCR..he.he..yach…maklum dech…laen ladang laen belalang..laen lubuk..laen ikannya… Belom lagi ntar kalo ada pertanyaan gimana ngebagusin IP, trus FCR bengkak kenapa, ato deplesi tinggi kenapa, trus ada lagi panennya mundur nieh…jadinya umur panennya jadi lama dech…wah2..kalo itu mah kudu ada pembahasan tersendiri…Tina juga ga pinter2 bangets…he.he..Semangat….besok dah buka tanggal baru di bulan Maret..moga dech bulan Maret adalah bulan keberuntungan buat Tina dan seterusnya..he.he..

Sumber:http://www.id.wikipedia.org/wiki/Tahun_Kabisat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s