“keburu-buru itu merupakan bagian daripada perbuatan setan.”

Ini rekapan acara Assalamu ‘alaikum ustadz-nya RCTI, tayang 19 September 2011, jam 04:00 pagi. Salah satu point dari acara ini adalah bahwa kamus tentang mimpi itu tidak ada. ;)

Tadi di awal kita sudah membahas tentang tafsir mimpi, memang kadang-kadang dalam tafsir mimpi, wallohualam, kalau engga salah memang engga boleh, mungkin ada yang mau disampaikan Abi?

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Mungkin ini sebagai penegasan kepada para pemirsa bahwa tidak pernah ada yang namanya kamus tentang mimpi. Karena apa? Karena setiap orang sifatnya berbeda, akhlaknya berbeda, walaupun mimpinya sama, pasti maknanya berbeda.

Belum lagi berkaitan dengan orang itu tugasnya seperti apa, keadaan seperti apa,

ibu misalnya ada 4 orang yang mimpinya sama. Tapi begitu ditanyakan kepada seorang penabir mimpi, InsyaAllah mimpinya akan berbeda maknanya.

Karena apa?

Pasti tugasnya berbeda-beda. Yang satu sifatnya begini, yang satu sukanya begini, maka tidak ada kamus tentang mimpi, kalau ada kamus mimpi di rumah, engga usah dibaca. Karena apa? Mendingan kalau maknanya baik, kalau jadi buruk, terpengaruh,

dalam hadist pun Rasulullah mengatakan

“Aku akan berada dalam prasangka hamba-Ku.“

Hamba-Ku berprasangka baik, baik. Prasangkanya buruk, akan menjadi buruk.

Makanya dengan adanya yang tidak syar’i ini, alangkah baiknya lepaskan saja buku-buku yang namanya kamus tentang mimpi. Engga usah dipakai.

Pertanyaan pertama

Bila seseorang memimpikan orang lain sesuatu yang buruk akan terjadi, apakah harus disampaikan?

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Bagaimana kita akan menyampaikan makna itu baik atau buruk kalau tidak disampaikan. Makanya ketika ada mimpi seseorang memimpikan temannya, kalau diperkirakan ini buruk, sebaiknya orang itu tanya kepada penabir. Saya bermimpi dengan teman saya dia begini, begini. lalu selanjutnya apakah mungkin hal ini orang diimpikan oleh orang lain.

Subhanalloh, kalau maknanya buruk, lalu apakah disampaikan? Apakah perlu disampaikan?

Subhanalloh, kalau seandainya tahu maknanya buruk, dengan kenyataan kita sampaikan, tidak berupa makna, Namun kita sampaikan berupa peringatan saja, dengan mengatakan, mungkin saya tidak tahu ya, saya semalem mikirin masalah kamu, bagaimana masalah kamu bagusnya bagaimana, yuk kita tanya bareng-bareng. Ayuk. Ow gitu.

InsyaAllah. Kalaupun sesungguhnya maknanya buruk orang yang akan menabirkan mimpi dia akan memberikan solusi yang terbaik, untuk makna tersebut, tidak akan memberikan suatu keburukan yang ada. Wallohualam.

Ada yang kita hubungi, dari Jogja

Sekarang saya udah kembali ke Jogja karena saya udah mengundurkan diri dari pekerjaan saya yang di Cirebon, Pak Ustadz. Tapi saya mimpi ustadz, kalau rumah di Jogja ada makhluk lain yang suka mengganggu saya. Waktu saya ada berada di luar rumah seperti ada yang ngasih tahu kalau saya engga boleh kembali ke rumah saya, ustadz. Karena rumah saya sekarang udah ada yang nempatin, maksudnya udah dihuni makhluk lain. Saya pindah kembali ke rumah di Jogja, anak saya yang 2 tahun itu suka ketakutan, katanya ada orang aneh. Ada engga kaitannya ya pak ustadz, dengan mimpi saya. Maturnuwun.

Ustadz Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Ini suatu isyarat, tidak perlu ditakuti. Jadi kalau ada makhluk halus di rumah kita, segala macam, ini tidak perlu diusir dan ditakuti oleh kita. Karena apa? Ada hadist Rasulullah Sholallohu’alaihi wassalam

Tidak mungkin dalam suatu rumah, suatu atap rumah, kecuali disitu mesti ada jin yang tinggal, ditempat kita di studio ini ada jin-nya, lalu tidak perlu diusir, cukup dengan memberikan ketaatan kepada Allah, kedekatan kepada Allah, jin itu akan pergi.

Lalu mengatakan apakah mungkin di rumah itu ada jin? Tapi saya berikan satu nasehat yang sangat simpel, Hadist Rasul Shollallohu’alaihi wassalam mengatakan kalimatnya yang sangat indah sekali, dengan mengatakan

Siapa saja diantara Bunda, para pemirsa, membaca Surat Al Baqarah di rumahnya, maka (***bacanya dikeraskan, suaranya keluar keluar, maka bukan kaset dinyalakan, baca Qur’an dikeraskan suaranya agar suaranya keluar) tidak ada yang terjadi saat itu ketika ibu, bapak, para pemirsa membaca Surat Al Baqarah di rumah, kecuali setan, jin, berlarian dari setiap pojok-pojok rumah, lari, kabur.

Karena apa?

Mereka tidak suka dengan ayat-ayat atau bacaan Al Qur’am yang dibaca,

Baca Al Qur’an, berwudhu, ya otomatis bacaannya juga harus dengan baik, hikmat, bukan sekedar apa-apa .

Bukan berarti Al Qur’annya untuk menakuti jin, bukan, namun ini untuk mengatakan suatu kenyataan yang Rasulullah Shollallohu’alaihi wassalam sampaikan,

Siapa pun yang membacakan Q.S. Al Baqoroh dirumah, insyaAllah semua yang ada daripada hal yang tidak baik, ataupun jin ataupun setan, berlari karena tidak betah di rumah kita yang selalu dikumandangkan Q.S. Al Baqoroh. Wallohualam.

Ali says: Itu kita bacakan membaca keseluruhannya atau ada bagian khusus?

Abi says: baca keseluruhannya, namun walaupun tidak cukup waktunya mungkin hari ini 2 lembar, nanti sorenya 2 lembar, kapan kita ada waktu, bacakan. Tapi jangan ambil Q.S. Al Baqoroh truz pencet kaset, nyalakan, jangan seperti itu ya. Bagaimana, kata jin-nya,

“engga takut, cuma tape doank.” :D :D :D

Ali says: memang kadang-kadang istilahnya kita ini banyak selalu berwas-was tentang setan, istilahnya sudah setan ini sudah luar biasa, kadang-kadang kita misalnya kembali lagi Abi, di situ ada setan, di situ ada setan, apakah bisa datang di ke dalam mimpi?

Ustadz Abi says:

Sangat bisa sekali didatangi dengan mimpi seperti itu .

Seperti di dalam mimpi tiba-tiba kelihatan di rumah kita ada yang keluar ,

“wah siapa kamu.”

Ternyata jin yang lewat banyak sekali dijabarkan dalam beberapa hal banyak dari teman-teman yang bercerita bermimpi di dalam rumah saya banyak jin.

Ternyata kurang beribadah, tidak ada berjamaah di dalam rumahnya, tidak ada lantunan Al Qur’an, sia-siap rumah itu gersang.

Ali says: waduw, ini yang harus kita sikapi ya, kalau udah mimpi kita seperti itu, yuk siap-siap itu ingat baca Qur’an Surat Al baqoroh ya.

Pertanyaan dari email yang masuk:

Nama saya Tarmizi, saya pernah bermimpi ketika saya check up ke dokter saya divonis terkena penyakit kanker, sehingga saya sedikit ketakutan dan bertanya-tanya. Ada apa sebenarnya yang terjadi? Apakah ini benar, karena sebelumnya saya belum pernah check up ke dokter sampai dengan sekarang. Silakan Abi.

Abi says:

Bismillahirrohmanirrohim. Ada 2 hal yang ingin saya sampaikan.

Satu, ini merupakan satu mimpi yang dikatakan begini, ini merupakan apabila bunda merasa takut, maka bangunlah tidur, atau sekarang saat anda melihat tayangan ini, atau sejak kapan anda tahu untuk melakukannya.

Meludah ke kiri 3X, setelah itu berlindung kepada Allah Subhanahuwata’ala, dengan itu insyaAllah tidak akan terjadi apa-apa, Aamiin.

Tapi kalau Bunda secara akidah atau apa, engga takut, ini merupakan suatu nasehat agar melindungi sesuatu yang hak. Jadi ada satu hadist yang menyatakan doa

Allohuma arinal haqo haqo waryuknat tibaa

Wa arinal bathila bathila war yuknat tinaba

Maknanya,

Ya Allah berikanlah kepada kami yang haq itu adalah haq,

Berikan kepada kami untuk mensyukuri haq tersebut,

dan berikan kepada kami untuk melihat yang bathil

dan berikan kepada kami kemampuan untuk meninggalkan yang batil.

Ini tahu yang haq tetapi tidak mengikuti. Kanker itu, cancer itu binatang apa itu? Kepiting. Coba kepiting bagaimana? Kalau jalan kedepan jalan bagaimana, matanya ke depan, tapi jalannya seperti itu, naaa jangan seperti itu.

Ada sahabat kita yang ingin berbagi tentang mimpinya

Saya punya mimpi tentang saya, saya itu pakai mobil bagus banget dan baju-baju bagus juga. Datang ke depan rumah membawa tas berisi uang sebesar 3 juta dollar. Lalu ibu saya keluar dan saya bertanya, mama ini uang buat apa? Kata mama, kasihin saja ke anak yatim. Udah gitu aja pak ustadz, saya penasaran apa maksud dari mimpi tersebut. Terima kasih.

Ustadz Abi says:

Bismillahirohmanirrohim. Mimpi sangat baik sekali. Mimpi yang berurutan seperti itu, urutannya dibalik dari bawah ke atas, jadi dengan mengatakan ada sesuatu yang sangat tampak sekali, 3 ini merupakan suatu isyarat bahwa, mau 30 juta dollar, 3 juta dollar, mau apa, tapi kepala 3, yakni Allah ini ganjil dan Allah menyukai ganjil. Kalimat yang ada, subhanalloh, perbaikilah sesuatu hal hubungan lebih dekat kepada Allah Subhanahu wata’ala, dengan apa? Mengasihi anak yaitim. Subhanalloh.

Rasul mengatakan

Akan dibangkitkan kamu bersama orang yang mencintai anak yatim, seperti kedua jari, dekat sekali.

Jadi pemirsa, Bunda, kalau mau bangkit bersama Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassalam nanti di akhirat, cintai dan kasihi anak yatim. Mungkin,

Wah, bagaimana, saya tidak mempunyai uang?

Bukan dengan uang, dengan senyuman, dengan pelukan kita, dengan usapan kita itu merupakan membahagiakan anak yatim dan itu akan bangkit seperti Rasulullah seperti ini, maka akibatnya, lihat kendaraan yang mewah segala macam, ini adalah dunia, akan diambil ketenangan hatinya yang ada di dalam jiwa.

Pakaian yang bagus, ini dengan menyatakan bahwa ketaqwaan yang anda miliki adalah sebaik-baik pakaian yang ada.

Maknanya di dalam dunia akan terasa tenang, aman, nyaman, tentram, di dalam mobil ada AC nya segala macam, nyenyak, tenang, Subhanalloh. Lalu dengan mengatakan pakaian yang bagus ini, adalah taqwa, dengan cara apa? Tolonglah cintailah Allah Subhanahu wata’ala, fokus saya adalah sayangi anak yatim. Wallohualam.

Pertanyaan dari Bunda Soimah

Saya itu mimpi mendaki tebing yang tinggi dan curam banget, tetapi saya mudah melaluinya, tanpa hambatan. Makna dari mimpi saya itu apa ustadz? Mohon jawabannya, terima kasih.

Ustadz Abi says:

MasyaAllah, naik tebing yang tinggi, naik tanpa adanya hambatan. Wallohualam. Ada cita-cita yang akan Allah kabulkan, serta ada keinginan yang akan Allah kabulkan. Wallohualam.

Pertanyaan  by phone dari Bekasi:

Begini Pak ustadz, saya bermimpi setelah sholat malam, dalam mimpi saya, saya bersepeda melewati tanah becek, banyak banget pak ustadz lobang-lobang besar. Nah, di depan saya ada tembok setinggi 2 meter, saya memanjat tembok itu, tapi sepedanya saya gendong, setelah sampai di atas, saya melompat, ternyata dibalik itu ada jalan mulus beraspal menuju hutan hijau. Ketika saya mau bersepeda lagi ada teman saya bertanya mengatakan apakah saya baik-baik saja, kemudian saya terbangun tapi saya kesal banget pak ustadz, kenapa saya harus memanjat tembok, padahal di balik tembok itu ada jalan, tapi pada waktu itu saya memang tidak melihat kalau ada jalan, dan memang harus memanjat tembok. Apa ya pak ustadz makna mimpi saya. Terima kasih.

Ustadz Abi says:

2 hal yang inin saya sampaikan. Bismillahirrohmanirrohim. Yang pertama harus bersabar dan maknanya

keburu-buru itu merupakan bagian daripada perbuatan setan.

Istilahnya bukan berarti orang yang buru-buru itu, terkadang seperti itu, para ulama melarang kalau mentang-mentang sudah takbirotul ihrom di masjid, lalu berlari untuk sempat mendapatkan sholat berjamaah, dan dia bilang dia berlari, maka Subhanalloh.

Suatu saat sahabat Rasulullah Sholallohu alaihi wassalam, Rasulullah sedang sholat, tiba-tiba sebentar lagi Rasulullah akan rukuk, ada sahabat yang berlari, biasanya kalau di mesjid berlari ada kerasa kakinya.

“Suara apa tadi?” tanya Rasulullah seusai sholat.

“Saya Ya Rasulullah.”

“ Kenapa kau lari?”

“Saya takut ketinggalan berjamaah.”

Rasulullah mengatakan apa?

“Anda telah berbuat baik, tapi jangan diulangi.”

Nah, perbuatan anda itu baik, tapi jangan diulangi, karena apa?

“keburu-buru itu merupakan bagian daripada perbuatan setan.”

Kalau begitu siapa tahu lagi lari, jatuh kejedot.

Gue takut ketinggalan, ngebut, segala macam, walaupun itu berada dalam suatu hal yang hak adanya, seperti itu.

Makanya dengan tenang, dengan santai, itu yang problem anda memiliki, tidak bisa sabar dan tidak bisa tenang kita melaksanakan sesuatu. Itu yang ingin saya sampaikan yang pertama. Bahwa “keburu-buru itu merupakan bagian daripada perbuatan setan.”

Hati-hati dengan yang seperti itu, jangan sampai cepat goyah.

Yang kedua, Subhanalloh dengan menyatakan kalimatnya,

hati-hati dengan menyebutkan kenyataan yang ada jangan terlalu memudahkan sesuatu hal kecil.

“ah mentang-mentang kecil, gampang”

Ini baratnya ada 1-2 meter, “ah gampang cuma 2 meter kok,”– diloncati.

“Ah gampang kok,” — tinggal diangkat.

Itu suatu hal yang dikatakan jangan meremehkan dosa-dosa kecil yang anda anggap dosa itu adalah kecil, hakekatnya yang kecil dan kecil itu akan menjadi satu.

Ali says: Luar biasa, ini MasyaAlloh ya kalau kita perhatikan ini semuanya adalah teguran.

Alhamdulillah kita ada dipenghujung acara kita kali ini

Kita kembali lagi ke Abi, memang kadang-kadang di dalam mimpi ini banyak hal-hal yang tidak bisa kita jangkau dalam pikiran kita, tidak nyampe begitu loh. Kalau seumpamanya kita tidak bisa ketemu sama penabir yang bagus. Juga memang membaca tafsir juga tidak boleh. Langkah yang terbaik apa ustadz. Apa yang dilakukan?

Ustadz Abi says:

Langkah terbaik kalau tidak ada yang bisa menabirkan mimpi, juga memang membaca terjemahan tafsir segala macem tidak boleh, takut memang itu mengganggu dalam akidah.

Apa yang harus dilakukan?

Tawakal kepada Allah, tidak perlu digubriskan, tapi kita husnudzon terhadap mimpi tersebut.

Apa yang tidak perlu terhadap ini, maknanya itu antara hati saja. Maka berhusnudzonlah ketika bunda bermimpi, ketika sudah berjumpa dengan muabir.

Tapi, punten, kenyataan yang ada, mungkin ada orang yang rajin sekali. Ada lagi, Subhanalloh, begitu saya segala macam berjumpa,

“Abi, Alhamdulillah ketemu ya, ada 8 mimpi, dicatet, 2 bulan yang lalu.”

Waduh. Hobby mimpi ini tidak terlalu tidak seperti itu. Biarkan saja, seandainya lupa. Jangan diinget-inget, capek, yang inget saja. :D :D

InsyaAllah hari ini ilmu kita tambah.

Thanks to: Program Assalamu ‘alaikum Ustadz, RCTI, tayang 19 September 2011, host oleh Ali Zainal, Tema Tabir Mimpi.

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s