Apa tabir: mimpi makan banyak sekali, mimpi menikah, mimpi ada belatung di pakaian dalam, mimpi melahirkan, mimpi dikejar rusa sampai rumah … ^_*

Acara Assalamu’alaikum Ustadz, yang akan aku bagi contekan ini adalah yang tayang di RCTI hari Ahad, 8 Mei 2011, tayang jam 04:00 sampai jam 04:30, biasanya kalau temanya tentang Tabir Mimpi, pasti ahlinya Ustadz Abi Makki, masih dipandu Ali Zaenal. Mimpi-mimpi yang disampaikan semakin seru dan beragam.

Pertanyaan pertama dari Ali Zaenal:

Kita akan menanyakan tentang pro dan kontra, dimana setiap permasalahan pasti ada yang pro dan ada yang kontra. Pengalaman Abbi niey, kira2 golongan mana atau siapa saja yang tidak mengimani atau bahasanya percaya kepada adanya mimpi. Nah misalnya kalau ada, kira2 kenapa ya, alasan mereka apa ya yang memancing mereka tidak percaya tentang mimpi itu.

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismilahirrohanirrrohim, ini pertanyaan sangat baik sekali dan sangat mendasar sekali, karena apa? Baik saya rasakan, ataupun untuk diungkapkan, sesungguhnya Islam ini adalah agama yang sempurna, kalau seandainya ada yang mengatakan golongan mana yang tidak mempercayai tentang adanya mimpi di dalam syariat Islam, sesungguhnya ya golongan yang tidak mengimani Al Qur’an, ya golongan yang tidak mengimani hadist, selagi dia mengikuti Al Qur’an dan sunnah Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassalam, maka dia akan mengetahui betapa hebatnya masalah mimpi. Namun permasalahannya yang sekarang harus diperhatikan, tidak setiap orang seenaknya menafsirkan mimpi. Ya, karena apa,

karena Imam Malik pernah mengatakan,

“Apakah anda bermain-main dengan tanda-tanda kenabian?”

Karena mimpi ini merupakan satu hal yang sangat luar biasa.

Makanya di dalam Al Qur’an, di dalam Hadist diterangkan, bahkan Rasul Solallohu ‘alaihi wassalam bukan hanya saja beliau menjadikan contoh bagaimana sholat.

Rasul sholallohu ‘alaihi wassalam mengatakan,

“Sholatlah anda seperti halnya aku sholat.”

Iya kan? Lalu Rasulullah Sholallohu ‘alaihi wassalam ketika mau melaksanakan haji,

Rasulullah mengatakan,

“Caranya anda berhaji, contoh aku berhaji.”

Selanjutnya, bagaimana Rasullullah sholallohu ‘alaihi wassalam menabirkan mimpi, Rasulullah tidak mengatakan, beginilah cara menabirkan mimpi, tidak, namun Rasulullah sholallohu ‘alaihi wassalam di dalam hadistnya mengatakan yang suatu riwayat

“Paling banyak dilakukan Rasullulah setiap habis sholat Subuh, paling banyak dilakukan Rasul, lalu menengok ke belakang, dan bertanya kepada para sahabatnya, apakah diantara kalian ada yang bermimpi?”

Itu paling banyak dilakukan oleh Rasulullah. Pertanyaannya kenapa? Jawabannya, satu, Rasulullah ingin menegaskan betapa pentingnya mimpi, kedua, ingin mengajarkan bagaimana caranya menabirkan mimpi. Namun tidak semuanya berhak untuk menabirkan mimpi. Karena apa. Karena istilahnya hanya beberapa yang bisa menabirkan mimpi seperti itu.

Jadi kalau ada pertanyaan, golongan mana, dari kelompok apa, Islam mana yang tidak mengetahui atau mempercayai tentang adanya mimpi. Mungkin Islam, tapi yang belum mengetahui tentang syariat Islam yang sesungguhnya. Kenapa saya berani mengatakan seperti itu? Karena hakekatnya ada yang, Subhanallah, kepada mereka ada yang mengatakan, “Aaaa… tidak ada mimpi dalam syariat Islam.” Tolong cek ulang lagi, tarik lagi perkataan itu, karena, “Apa pun yang anda pernah ucapkan akan dipertanggungjawabkan kepada Allah Subhanahuwata’ala.” Anda mengatakan tidak ada, berarti anda telah menafikan salah satu dari surat dalam Al Qur’an. Ketika mengatakan, satu golongan, “ow…tidak ada mimpi dalam syariat Islam,” berarti anda, sudah, maaf, maaf, mengatakan bahwa Al Qur’an ini, maaf, merupakan sesuatu tidak relevan lagi dengan apa yang ada. Maka hakekatnya saya rasa sejauh ini pengalaman-pengalaman, salah satunya, dari Umar bin Khatabb, Subhanallah, beliau  tidak ada masalah menyampaikan tentang masalah dengan ini, karena apa, karena hakekatnya seluruh mukminin mukminat, yang mengetahui tentang Al Qur’an dan Sunnah pasti akan mengikuti bagian-bagian terindah yang ada dalam AL Qur’an.

Pertanyaan via email:

Seorang wanita sebelum menikah, (wanita ini sekarang sudah menikah), bermimpi menemukan belatung di pakaian dalamnya. Apa maknanya?

Jawaban Ustad Abi Makki:

Bismillahirrohmanirrohim. Seorang wanita yang bermimpi ada belatung dalam pakaian dalamnya. Apa maknanya? Wallohu alam. Sesuatu yang ingin saya sampaikan ternyata, wallohu alam, ini merupakan sebuah nasehat.

Istilahnya untuk bersabar dari segi pemasukan yang ada, duniawi. Bersabar saja, karena hakikatnya kesabaran yang dilakukan dari seorang wanita ketika mendapatkan apa yang dihasilkan oleh suaminya, itulah yang harus bersabar dengan apa yang diberikan oleh suami. Wallohualam.

Ini yang ingin saya sampaikan seandainya bisa berkomunikasi dengan dirinya, saya mungkin akan lebih jauh bertanya tentang mimpinya tersebut, namun secara singkat saja, bersabar dengan pemasukan yang didapat oleh suaminya. Wallohu alam.

Pertanyaan dari ibu Sarbanun Marasabesi:

Saya pernah bermimpi ustadz, dalam mimpi saya itu, saya seperti baru saja melahirkan, dan banyak banget orang menengok saya. Truz ditempat saya itu kadonya banyak  banget. Yang saya ingin tanyakan apa makna dari mimpi saya ustadz?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Wallohualam. Bismillahirrohmanirrohim. Ketika mimpi melahirkan, lalu banyak orang yang datang, memberikan ucapan selamat segala macam, lalu membawa banyak sekali kado.

Ini merupakan satu hal bahwa saya hanya ingin mengatakan satu kalimat saja bahwa tempat dimana anda tinggal, ini tempat yang berkah. Maksud berkah disini, diambil dengan uang yang halal, lalu nantipun suatu saat akan ditinggali oleh orang yang baik-baik.

Jadi tempat yang ditinggali oleh ibu adalah tempat yang baik, karena dihasilkan dari sesuatu yang baik, maka segala-galanya akan menjadi baik. Berkah. Wallohualam.

Tanggapan Ali Zaenal: mimpi ini memang luar biasa, dari mimpi hamil, banyak yang dari kita mengatakan bahwa gangguan setan saat hamil itu banyak sekali, aku sering dengar, tidur itu katanya bahkan ada yang tidur dipakaikan peniti, biar tidak diganggu setan. :D Setan kan mengganggu dengan caranya yang sangat luar biasa.

Tanggapan ustadz Abi Makki: yang jelas pastinya setan tidak takut dengan peniti. :D Setan tidak takut dengan berbagai macam yang ada, tetapi tetap dengan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah subhanahu wata’ala. Itu yang membuat  halangan kita dengan setan ataupun, itulah yang membuat istilahnya gunung kita dengan setan tidak bisa masuk dengan gua kita, karena dengan kesalehan kita. Nanti kalau lepas bagaimana penitinya, malah bahaya. Tidak perlu dengan peniti. :D

Ali juga pernah dengar mimpi ini, ada yang bilang, terutama untuk orang-orang diatas umur 40 mimpi nya lebih mendekati kebenaran. Berpatokan katanya dengan diangkatnya Rasulullah sholallhou alaihi wassalam menjadi nabi karena di  umur 40 tuh, nah jadinya orang kalau umurnya lebih dari 40 tahun lebih dekat lagi sama Allah. Na ini bagaimana ustadz?

Tanggapan ustadz Abi Makki: tergantung seandainya orangnya ada diusia 40 tahun itu saleh, maka mimpinya akan semakin mendekati kebenaran. Tapi kalau umur 40 tahun bandel, mimpinya pun kebohongan yang ada, tidak akan menjadikan patokan dalam usia ini, namun yang akan menjadi patokan tetap seperti dalam hadist Rasulullah,

“Sebaik-baiknya orang, sebenar-benarnya orang, sejujur-jujurnya orang tersebut adalah orang dalam keadaan sadar, dia baik.”

Kalau orangnya jujur, maka mimpinya akan baik. Tapi kalau dalam keadaan meleknya aja dia tidak jujur, tidak baik, mimpinya pun akan seperti itu, jadi mimpinya mencerminkan kehidupan dia, dunianya dia dalam keadaan sadarnya itu bagaimana. Makin sadar dalam kehidupannya baik, soleh dalam kehidupannya, maka mimpinya akan mendekati baik, kita tidak lihat dari segi usia. Umurnya 40 tahun tapi kerjaannya tidak bener, sholatnya tidak pernah, mimpinya semuanya penuh dengan kebohongan.

Pertanyaan via email:

Saya bermimpi berjalan dari kamar saya, menuju kamar kakek saya, ketika sudah sampai di kamar kakek saya, saya melihat kamarnya begitu bersih, putih sekali, begitu juga kakek saya terlihat sedang tidur dengan nyenyaknya dengan berpakaian serba putih. Ketika aku terbangun, aku beraktivitas seperti biasa, mandiin kakek, menyiapkan makan, mencuci pakaian, dan lain-lain. Ketika malam tiba, kakek saya selepas Isya’, seperti biasa, tapi pukul 10 malam pada hari itu juga, kakek saya meninggal dunia dengan tenang. Ustadz, kira-kira makna dari mimpi saya itu apa ya?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismilahirrahmanirrahim. Wallohu ‘alam.

Tidak ada satu isyarat pun yang mengatakan kalau dia akan meninggal pada saat itu. Jadi kadang-kadang orang selalu dicocok-cocokan, di macht-macht kan. Padahal engga ada kaitannya sama sekali. Hanya ada orang yang mengatakan, “Aku maw tidur dulu ya..” Esok harinya dia meninggal. Wah kemarin dia bilang maw tidur panjang, ini pas-pas in, kaitan dia tidak ada, karena dalam firman Allah subhanahu wata ‘ala, beliau mengatakan, “Anda tidak akan tahu, dimana anda akan wafat, dan tidak tahu dimana teman anda akan wafat, siapa pun, kalau ditanya, siapa yang akan meninggal, tidak tahu. Ini mungkin suatu isyarat saja, hakekatnya, apakah ada kaitannya?

Kalau maw dikaitkan wallohu alam, dengan memperlihatkan kebersihan yang ada, itu menandakan suatu kebersihan di dalam hatinya, keikhlasan dalam menjemput daripada sakarotul maut. Ataupun sudah ikhlas ketika menghadap Allah subhanahu wataala. Maknanya ini merupakan untuk kebaikan saja kepada kakek. Insya Allah.

Pertanyaan:

Saya pernah bermimpi menikah, sedangkan saya belum menikah. Apa makna mimpi saya ustadz?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismilahirrohmanirrohim. Belum menikah, tapi mimpi menikah. Wallohualam,

ini merupakah suatu hal sangat yang baik, bahwa dengan mengatakan kalimatnya sedih dengan mengartikan bahwa apa yang ada, namun hakekatnya, insyaAllah akan menikah, insyaAllah dalam menikah itu akan membawa kesenangan hidup.

Karena apa, karena ini merupakan bukan ingin mengatakan orang menikah akan mendapatkan kesedihan, tidak, namun dengan menikah isyaAllah akan mendapatkan kebahagiaan. InsyaAllah  dengan menikah, kehidupan anda akan lebih sempurna, kehidupan anda akan jauh lebih bahagia.

Pertanyaan dari bunda:

Ustadz saya bermimpi makan banyaaak sekali, tapi herannya tidak kenyang-kenyang ustadz. Itu artinya apa?

Jawaban ustadz Abi Makki:

Mimpi makan nasi yang banyak, tapi tidak kenyang-kenyang apa maknanya. Wallahualam,

ini merupakan nasehat yang harus direnungkan oleh pribadi saja, mungkin bisa juga orang yang mendengar para pemirsa, tapi saya memutuskan menghadapi mimpi-mimpi ini, makanan, segala macam, wallahu alam. Ini merupakan suatu nasehat kepada ibu khususnya, makannya dengan siapa, tidak perlu disampaikan, namun yang jelas ibu, mimpi makan nasi tidak kenyang-kenyang. Apa maknanya, wallohualam, namun saya ingin melihat dari kenyataan atau pun dari gambaran itu insyaAllah, memiliki usia yang panjang. Amiiinn. Ya Robbal alamin. Karena syariat yang dengan makan itu, harus kita bernafas yang akan di tarik ulur, tarik ulur, mana yang selalu panjang. Insya Allah.

Pertanyaan via line telpon Sasa di Medan:

Saya bermimpi, saya dan suami saya berenang dengan pakaian lengkap di air terjun, setelah kami keluar dari sungai dan langsung ketika itu juga kami terbang ke angkasa, kemudian, kami baru sadar kalau kami dikejar-kejar rusa betina, tapi saya bangun ustadz, lalu saya lari lagi, tapi rusa itu tetap mengejar sampai ke rumah kami. Apa arti mimpi saya tersebut?

Jawaban Ustadz Abi Makki:

Bismilahirrohmanirrohim,

ini ingin mengatakan kepada ibu, ada orang yang ingin berbuat baik kepada ibu, tetapi ibu selalu menghindar duluan. Jadi ibu tidak maw didatangi oleh orang tersebut, padahal orang itu tidak berniat jelek, tidak ingin berbuat suatu keburukan, tapi karena sudah suudzon terlebih dahulu, makanya ibu tidak maw menerimanya.

Jadi kadang-kadang begitu taw, kalau ada orang maw datang, dibilang aja engga ada, padahal orang itu akan ngasih apa, ngasih apa, begitu, mungkin ingin menyampaikan sesuatu hal yang ingin disampaikan. Jadi tolong hilangkan suudzon untuk ada seseorang yang datang, insyaAllah itu membawa berkah. Jadi hilangkan rasa suudzon yang ada, di dalam hakekatnya orang-orang yang datang kepada ibu itu tidak untuk melakukan sesuatu yang jelek. InsyaAllah itu merupakan suatu kebaikan, silakan. Wallohualam.

Kesimpulan

Alhamdulillah kita sudah sampai di penghujung acara ini, mimpi ini merupakan sesuatu yang luar biasa. Bisa dibilang saaat ini masyarakat Indonesia masih sangat sedikit mungkin, yang menabirkan mimpi, tapi Alhamdulillah dengan adanya acara ini sudah mulai, dimana-mana menabirkan mimpi. Nah, kembali lagi, ini gimana ya ustadz, meyakinkan dimana memang mewajibkan para ulama-ulama untuk membantu syiar.

Bismilahirrohmanirrohim, seandainya kita mempelajari surat atau hadist saja, mau tidak mau akan ketemu daripada bagian ini, mungkin karena yang ada sekarang ini hanya sekedar publish, dan publish,  Karena tidak ada yang namanya pelajaran pembahasan, misalnya kita belajar tafsir, ayo kita mulai saja, sehingga terkadang kita memanggil ulama ketika membahas ini, pengajian lagi, bahasanya sama. Alangkah baiknya, ayo kita belajar dari awal sampai akhir, ayo kita belajar tafsir, misalnya, dari awal sampai akhir, ayo kita belajar qishashul anbiya, dari awal sampai akhir, kalau seandainya belajar dari awal sampai akhir, itu kita akan memahami segala-galanya. Kepada para pemirsa, kepada ibu-ibu, seandainya memanggil seorang ulama, seorang ustadz, seorang kiai, yang datang mengajar ke tempat ibu, katakan, saya mengundang anda, tolong disampaikan masalah ini ya, tentukan judulnya. Boleh, enak, agar nanti enak juga para ulama menerangkannya. Jadi belajarlah dari awal hingga akhir.

Thanks to: Program “Assalamu ‘alaikum Ustad” RCTI, tayang 8 Mei 2011, by Ustadz Abi Makki, dipandu Ali Zaenal, Tema: Tabir Mimpi.

About these ads

20 thoughts on “Apa tabir: mimpi makan banyak sekali, mimpi menikah, mimpi ada belatung di pakaian dalam, mimpi melahirkan, mimpi dikejar rusa sampai rumah … ^_*

  1. asslamualaikum ustadz ustadz mau nanya kalao bermimpi belut warnanya putih,tapi keluar dari saluran bawah air kamar mandi dan arti mimpi melihat gunung kembar terus di tengah2 tumbuh pohon di atas pohon itu muncul matahari tolong di jawab secepatnya ya ustad,urgent ini makasih

    • @abdillah:
      .makasih udah berkunjung.. ;-)
      .saya cuma nyontek tabir mimpi yg dbawakn ustadz abi makki dlm program acara “assalamu ‘alaikum ustad”-nya RCTI. Jadi saran saya, lebih baik d email ke tanya.ustad@rcti.tv ,semoga segera d respon mimpinya. ;-)

  2. Assalamualaikum Ustadz,,, saya mau tanya…. Email utk Talk Show Assalamualaikum Ustadz itu kirim ke alamat Email apa? saya bingung…. mhon jawabannya,,, agar saya juga dapt berpartisipasi…. Dan semoga Allah Selallu berkenan melimpahkan Rahmat-Nya kepada kita Semua…. Aminnnnnn amin Ya Rabbal’alamin.

    Sekian terima kasih…. mohon tanggapannya…

    Assalamualaikum.wr.wb

  3. assalammualaikum.. wr.. wb..
    alamat email ustad abbi makki apa sih sebenernya..
    kok saya kirim email ke alamat yg coment diatas gagal terus ya???
    ada yang mau ditanyain urgent bgt nehh..

  4. asalammualaikum pak ustad salam kenal saya beni pak ustad.saya mau tanya pak saya pernah mimpi tapi udah lam juga pak ustad.tapi sampai saat sekarang masih jadi tanda tanya bagi saya pak ustad.saya pernah mimpi melihat langit ini merah semua nya pak ustad.setelah saya amati dgn cermat saya melihat suatu titk cahaya pak ustad.suatu titik itu akirnya yang menerangi langit menjadi terang seterang terang pak ustad.apa arti mimpi saya itu pak ustad.sebelumnya atas jawaban ini saya ucapkan terima kasih.

    • @ranta:…. sebaiknya pertanyaan ini di email saja ke tanya.ustad@rcti.tv atau via fax aja ke 0215309333. Di bln Romadhon nanti mnrt info dr pesan berjalan di RCTI, tema Tabir Mimpi akan tayang tiap jam 02:00.
      .Sekali lagi, posting ini saya buat hanya men-contek materi dari program acara tersebut.
      terima kasih udah berkunjung ;)

  5. asalammualaikum pak ustad.saya mau tanya pak ustad. saya pernah mimpi ke istana negara pak ustad.dlm mimpi saya saya pergi keistana negara dgn orang no satu di kota padang pak ustad.dlm rangka saya mewakil pemuda sumatar barat untuk memberi gelar anak pak presiden datuk pak ustad.

  6. asalammualaikum pak ustad.pak ustad saya mimpi dikasih kalung seperti tasbih pak ustad yang ngasih kalung itu bilal bin rabab pak ustad.terus saya juga penah mimpi pergi umroh bertiga pak ustad.dlm mimpi saya yang bertiga itu yg prtama mertu laki laki saya pak ustad yang kedua ibu kandung saya pak ustad.yang ketiga saya pak ustad dlm mimpi saya itu pak ustad saya bertiga sedang berdoa di depan kakbah pak ustad. rasanya dekat betul saya berdoa bertiga pak ustad.apa arti mimpi saya itu pak ustad.terimakasih saya ucapkan atas balasan nya pak ustad.

  7. Ass mualaikuuuum Ustad,Pak Ustad sy pernah mimpi yg selalu sama.yg mana setelah bermimpi pasti sy tdk bisa tidur lgi.sy memimpikan Almarhum Ibunda saya.dlm mimpi itu almarhum seakan msh hidup.ada ayah jga dlm mimpi itu.dlm mimpi itu sy melihat Almarhum sakit dan mengalami sakaratul maut dtmni Ayah dan sy.sy sungguh panik dan emotional melihat Almarhum kesakitan saat sakaratul maut.hingga sy terbgun dan menangis.begitu n seterusnya Pak Ustad.krn wkt sakaratul maut,sy tdk menemani Almarhum.yg ada Ayah.sy dluar kota

    • @lusiana: …. Sekali lagi, posting ini saya buat hanya men-contek materi dari program acara Assalamu ‘alaikum Ustad-nya RCTI.
      .jadi sebaiknya pertanyaan ini di email saja ke tanya.ustad@rcti.tv atau via fax aja ke 0215309333.

      terima kasih udah berkunjung ;)

  8. assalamu’alaikum… saya sudah mengirimkan e-mail ke alamat tersebut di atas,,, saya bertanya tentang mimpi kiamat yg saya alami sebanyak 3 kali, dgn rentan waktu yg amat panjang antara mimpi 1-2-3…. saya mohon bantuan untuk di posting di sini,,, karena takut saya tidak menyaksikan acara dari pertanyaan saya… saya ucapkn terimakasih sebelumnya… selamat menunaikan ibadah puasa. (^ ^),v,,

    • @Qoni Purna Dewanata Riuta: wa alaikumusalam ……

      kalau sudah kirim e-mail, ya… tinggal sabar nunggu balasan dari Ustadz Abi Makki via e-mail juga ‘kali…. ;) .

      makasih udah berkunjung, selamat menunaikan ibadah puasa juga … :-)

  9. asalammualaikum pak ustad salam kenal saya beni pak ustad.saya mau tanya pak saya pernah mimpi tapi udah lam juga pak ustad.tapi sampai saat sekarang masih jadi tanda tanya bagi saya pak ustad.saya pernah mimpi yaitu
    “pada malam bulan ramdhan tahun 2004 saya mimpi dimana keadaan seperti subuh kabbah berdo’a keadaannya malam, saya minta ampun kepada Allah SWT untuk diampuni dosa2 saya, ketika melihat kedepan jauh (kanan) saya lihat org2 sholat berjama’ah/sujud ddn di Imani oleh seseorang (saya dibisiki itu adalah “Rasullulah SAW”) dan ketika saya lihat kebelakan (kiri) saya lihat ibu dan adik perempuan saya sedang asik berphoto, beberapa kali saya panggil tidak menghampiri saya. terus saya terbangun dari mimpi lagi.

  10. assalamulaikum pak ustad . sy bermimpi dimulut saya ada belatung 3 ekor yang satu dapat diambil sama saya tapi yang 2 tdk , apa tabir mimpi saya pak ustad , makasih atas jawabannya .

Komentar ditutup.